foto: hdwallpapersrocks

This is a Good Time for “Ngopi”

INSPIRADATA. Orang bilang paling baik minum kopi itu di pagi hari. Ada juga yang mengatakan kopi paling baik diminum sesaaat setelah makan siang. Jadi kapan sebenarnya kopi baik dikonsumi?

Ketika para pecinta kopi ditanya, kapan waktu ideal untuk menikmati kopi? Maka mereka dengan serentak pasti akan menjawab “kapan saja.” Selalu ada waktu yang pas untuk kopi.

Selalu ada waktu terbaik yang akan tercipta untuk menikmat secangkir kopi. Tapi jawaban bisa berbeda jika kamu bertanya kapan sebaiknya menikmat kopi dari para ilmuan dan peneliti. Secara kesehatan mereka punya jawaban sendiri kapan waktu idealnya untuk menikmati kopi.

Di Pagi Hari

Menikmati kopi di pagi hari adalah ritual paling “shahih” yang mungkin telah diketahui semua orang. Lalu kenapa minum kopi di pagi hari sangat disarankan?

Menurut para ahli kopi, secangkir kopi dapat memberikan efek “tendangan” yang mampu memicu semangat sesaat setelah bangun tidur, serta memberikan efek “sadar” yang membuat mata terbuka lebar. Di sini, kopi dengan cepat menggeser rasa kantuk dan menggiring Anda dengan mudah untuk melewati hari.

Setelah Makan Siang

Itu kenapa selalu ada istilah coffee break di siang hari. Saat berkegiatan di luar, baik itu di kampus ataupun di kantor, tubuh akan merasa malas karena perut telah terisi penuh. Dan di sinilah kinerja kafein diperlukan. Sesaat setelah makan siang nikmatilah secangkir kopi.

Dengan bantuan kafein, kantuk siangmu mungkin bisa disingkirkan dan kamu akan lebih semangat melanjutkan kegiatan. Beberapa orang juga mengaku mengalami kesulitan bekerja jika tak meneguk kopi siang mereka.

Sebelum “Coffee Naps”

Masih ingat dengan ungkapan coffee naps? Yaitu tidur siang singkat yang dilakukan setelah minum kopi untuk mendapatkan efek segar setelahnya?

Ya, coffee nap berfungsi untuk membangkitkan rasa semangat dengan tidur siang singkat yang dilakukan sesaat setelah minum kopi. Jadi jika kamu ingin melakukan coffee nap, ini adalah saat yang tepat untuk menikmati kopi.

 

Sebelum Berolah Raga

Sudah rahasia umum jika kopi sangat membantu para atlet yang ingin melakukan latihan. Para atlet ini biasanya meminum kopi sebelum berolah raga agar diberi tenaga maksimal dan lebih bersemangat saat berolah raga. Dan inilah juga yang diterapkan banyak orang saat ingin melakukan fitness atau olah raga lainnya. Secangkir kopi dipercaya menambah stamina saat berolah raga.

Saat Sakit Kepala

Semuanya pasti tahu, kalau di dalam obat penghilang nyeri terdapat kandungan kafein. Yup! Oleh karena itulah jika kamu sakit kepala coba nikmati kopi. Menurut penilitian mereka yang mengalami sakit kepala atau migrain merasa sangat terbantu saat mereka meneguk kopi.

Tetapi, dibalik semua waktu yang ideal untuk menikmati kopi. Tentunya ada porsi-porsi tertentu dan jenis-jenis kopi tertentu yang berbeda pula kandungan kafein serta aturan-aturannya. Jadi, kebijakan dan pengetahuan “si penikmat” kopi itu sendirilah yang menentukan kenikmatan kopi yang dinikmati.[]

Sumber: Majalah.ottencoffee.co.id


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *