Unik, Informatif , Inspiratif

Abu Nawas dan Rumah Sempit

0

SUATU hari seorang lelaki datang ke rumah Abu Nawas dengan wajah sedih. Lelaki itu bingung dengan masalah yang sedang ia hadapi. Ia ingin meminta tolong kepada Abu Nawas.

“Aku memiliki istri dan delapan anak. Sementara rumahku sangatlah sempit. Setiap hari kami merasa tak nyaman tinggal di rumah ku. Kami tak ingin pindah dari rumah itu. Tolong beri jalan keluarnya, Abu Nawas,” kisah lelaki itu.

Abu Nawas berpikir sejenak. Dan benar saja, ia berhasil mendapatkan ide.

“Apa kau punya domba di rumah?” tanya Abu Nawas.

BACA JUGA: Abu Nawas Mau Terbang

“Aku tak menaiki domba,” jawab lelaki itu.

“Sekarang kau pergilah, belilah seekor domba dan taruhlah domba, itu di dalam rumahmu,” ujar Abu Nawas.

Lelaki itu kemudian pergi ke pasar dan membeli seekor domba. ia menaruh domba itu di dalam rumah sesuai usul Abu Nawas. Tetapi bukannya tambah nyaman, rumah yang mereka tempati justru semakin sempit dan berantakan.

Lelaki itu lalu datang lagi ke rumah Abu Nawas. ia ingin mengadukan hal itu kepada Abu Nawas.

“Coba kau beli dua ekor domba lagi dan taruh di dalam rumahmu,” pinta Abu Nawas.

Lelaki itu membeli lagi dua ekor domba. ia pun menaruh dua domba itu di dalam rumahnya. Namun, rumahnya justru semakin sempit. Lebih sempit dari sebelumnya. Lelaki itu lalu kembali lagi ke rumah Abu Nawas. Namun Abu Nawas kembali meminta lelaki itu untuk membeli seekor domba lagi.

Hal itu justru membuat rumah lelaki itu semakin sempit dan berantakan. Bahkan, kini, istrinya jadi suka marah-marah kepadanya.

BACA JUGA: Kisah Abu Nawas, Raja yang Bertelur

Lelaki itu kembali ke rumah Abu Nawas dan menceritakan semuanya. Abu Nawas lalu meminta lelaki itu untuk menjual semua dombanya. Lelaki itu menuruti perkataan Abu Nawas. Esoknya ia kembali menemui Abu Nawas.

“Bagaimana kondisi rumahmu sekarang?” tanya Abu Nawas.

“Semenjak aku menjual semua dombaku. Rumahku kini terasa lebih nyaman dan tak sempit lagi.” jawab Ielaki itu.

Abu Nawas tersenyum. ia telah menyelesaikan masalah lelaki itu. Intinya adalah bagaimana mau bersyukur dengan apa yang kita miliki. Orang yang tak pernah mau bersyukur akan selalu merasa kekurangan. []

SUMBER: DONGENGCERITARAKYAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.