daun khabath, worldnews
daun khabath (foto: worldnews)

Abu Ubaidah dan Pasukan “Ekspedisi Daun Khabath”

INSPIRADATA. Abu Ubaidah bin Jarrah, atau Amir bin Abdillah bin Jarrah AL-fihry AL-Quraisy. Ia merupakan satu dari sepuluh sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga. Dengan gelarnya ‘Orang Kuat yang Terpercaya’. Lain Waktu, beliau memimpin pasukan atau prajurit “Ekspedisi Daun Khabath”.

Dari Abdurrahman bin Auf, dia berkaa, Rasulullah SAW bersabda:

“Abu Bakar di Surga, Umar di surga, Ali di surga, Thalhah (thalhah bin Abdullah) di surga, Az-Zubair (Zubair bin Awwam) di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad (Sa’ad bin Abi Waqqas) di surga, Sa’id (Sa’id bin Zaid) di surga, dan Abu Ubaidillah (bin Jarrah) di surga.” (H.R At-Tirmidzi)

Landih Rasulullah kepada beliau Ibnu Jarrah, ‘Orang Kuat yang Terpercaya’ tersebut memang dibuktikan dengan banyaknya kepercayaan yang telah beliau laksanakan. Setelah dapat menyelesaikan permasalahan kaum Nasrani.

Baca Juga: Gelar dari Rasulullah, untuk Abu Ubaidah bin Jarrah atau Umar bin Khattab?

Di waktu yang lain, sahabat Abu Ubaidah bin Jarrah dipercaya oleh Rasulullah sebagai kepala pasukan, beliau hanya membekali mereka dengan sekarung kurma. Tidak lebih.

Adanya seperti itu, Abu Ubaidah membagikan kepada para prajuritnya seharu sebuah kurma setiap orang. Mereka mengulum kurma tersebut seperti mengisap permen. Setelah itu mereka pun minum.

Setelah kurma habis sama sekali, mereka mencari daun khabath, lalu mereka menumbuk halus untuk dijadikan makanan. Hanya dengan cara seperti itu, mereka bertahan hidup selama beberapa hari.

Karena itulah, ekspedisi tersebut dinamakan Ekspedisi Daun Khabat –ya daun khabat– kita sering menjumpainya di jalan-jalan.

Referensi: Hepi Andi Bastoni, 101 Sahabat Nabi dan Rafizam Mohamed, Kaya Dunia Akhirat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *