Unik, Informatif , Inspiratif

Adu Nyali Rasulullah dengan Kaum Kafir Quraisy (1)

0

Selama menyebarkan ajaran agama Islam, Rasulullah SAW mendapat banyak penolakan dari berbagai pihak. Ada yang menolak secara halus, ada yang menolak dengan kekerasan, ada yang diam-diam meneror rasul, ada juga yang memperolok Rasulullah SAW dan para pengikutnya.

BACA JUGA: Cintai Allah dan Rasulullah di Atas Segalanya

Namun, meski mendapat banyak penolakan dan gunjingan, Rasulullah SAW tetap teguh dan tak begitu saja berhenti menyebarkan agama Allah.

Allah SWT berfirman, “Katakanlah (Muhammad), ‘Tahukah kalian jika Allah mematikan aku dan orang-orang yang bersamaku atau merahmati kami, (maka akan masuk surga), lalu siapa yang dapat melindungi orang-orang kafir dari siksa yang pedih?’ Katakanlah ‘Dialah Yang Maha Pengasih, kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nyalah kami bertawakal. Maka kelak kalian akan mengetahui siapakah (di antara kita) yang berada dalam kesesatan yang nyata.”(QS. Al-Mulk: 28-29).

Mengamati redaksi kalimat pada ayat-ayat surah al-Mulk di atas, ada semacam “adu nyali” antara Rasulullah SAW dengan orang-orang kafir yang menginginkan kematian beliau dan para sahabatnya.

Oleh sebab itu, Rasulullah SAW menantang orang-orang kafir itu dengan kalimat tersebut; seandainya Rasulullah SAW dan para sahabatnya meninggal, Allah akan menjadi pelindung mereka dari sisi yang pedih. Namun, bila orang-orang kafir itu yang meninggal lebih dulu, siapakah yang akan menjadi pelindung mereka?

BACA JUGA: Rasulullah Kena Sihir

Apakah berhala-berhala yang mereka sembah bisa melindungi mereka dari siksa neraka yang sangat pedih?

Rasulullah SAW dan para sahabat jelas memiliki nyali yang lebih besar dibandingkan orang-orang kafir itu. Semua yang dimiliki Rasulullah SAW berangkat dari kebenaran, sehingga menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi dan keyakinan–BERSAMBUNG.[]

 

Sumber: Kerajaan Al-Qur’an/Hudzaifah Ismail/Penerbit: Penerbit Almahira/2012


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.