Pelajar papua ngaku miliki SIM M
Pelajar papua ngaku miliki SIM M

Aduh.. Pelajar SMP di Papua Mengaku Punya SIM M Saat Dirazia Polisi

INSPIRADATA. Saat ini Polisi sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap seluruh pengguna kendaraan bermotor. Namun, disetiap ada razia pastinya akan ada hal-hal unik yang dilakukan oleh para opengendara yang terkena tilang. Contohnya salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Fak Fak, Papua ini yang bikin gagal paham ketika ditanyakan SIM oleh polisi. Dan videonya pun langsung viral di media sosial Facebook.

Pelajar SMP yang tidak diketahui identitasnya itu dirazia oleh seorang polisi. Saat ditanya Surat Izin Mengemudinya (SIM), ia dengan percaya diri menjawab punya SIM yang beda dari SIM yang berlaku di Indonesia pada umumnya. Ia menjawab punya SIM M dan ditandatangani oleh Kepala Distrik Fak Fak Tengah.

Berikut Videonya:

Sebagai informasi, berdasar pasal 80 UU No 22 Tahun 2009, ada lima SIM yang berlaku di Indonesia sampai saat ini, yaitu:

1. SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
2. SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg
3. SIM B2, untuk mengemudikan Kendaraan alat berat, Kendaraan penarik, atau Kendaraan Bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
4. SIM C, untuk mengemudikan Sepeda Motor.
5. SIM D, untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang cacat. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *