Unik, Informatif , Inspiratif

Afi Plagiat Video Curhat, Catherine: Kami Bukan Teman!

0

Nama Afi Nihaya Faradisa sempat tiba-tiba menjadi sorotan setelah tulisannya tentang “Agama Warisan” viral di media sosial. Tulisannya tersebut menuai banyak pro dan kontra. Walau begitu, akunnya diikuti oleh ratusan ribu orang.

Afi memang kerap menjadi bahan pembicaraan orang. Ia sempat menggegerkan dunia maya dengan tulisannya yang ternyata hasil plagiat. Tentu hal ini menuai kritikan dari sebagian orang, namun justru simpati dari fansnya.

Terakhir Ia juga sempat membuat video curhatan melalui akun Facebook-nya.

Dan lagi-lagi video bermuatan kata-kata kasar itu ternyata dikabarkan hasil plagiat dari video yang dibuat oleh perempuan bernama Catherine Olek.

Catherine Olek pada tahun 2012 sempat mengunggah video curhatan emosional tentang kemarahannya pada netizen yang mem-bully seorang remaha bernama Amanda Todd hingga bunuh diri.

Akibat meniru video tersebut, Afi menjadi bulan-bulanan netizen melalui media sosial. Bahkan ada sebuah akun Instagram yang mengunggah bukti plagiasi Afi.

Tak disangka, aksi yang diduga plagiat ini diketahui oleh Catherine Olek. Cath mendapat kabar tersebut dari seorang temannya yang tinggal di Indonesia.

Akhirnya, perempuan ini pun angkat bicara.

Ia mengunggah sebuah video melalui akun YouTube-nya dengan judul: ‘My thoughts on Afi Nihaya Faradisa plagiarizing my Video!’ atau yang berarti ‘Pendapatku tentang Afi Nihaya Faradisa yang Memplagiat Videoku!’.

Cath mengaku ia sadar betul bahwa Afi memang melakukan plagiasi pada videonya.

Namun, Cath tak ingin semakin memojokkan remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur ini.

“Dia (Afi) tahu dia mencuri video, dia tahu apa yang dia lakukan salah. Dan orang-orang membully-nya “dasar plagiat, dasar pencuri, dan lain-lain”, Haruskah aku menjadi bagian dari mereka yang membully? Aku akan menjadi orang yang mencoba membantunya,” ungkap Cath.

Dalam video tersebut Cath menceritakan usahanya untuk menghubungi Afi. Awalnya, Cath ingin menanyakan kondisi Afi.

Ia ingin tahu apakah Afi bisa menghadapi segala macam bully-an yang diterimanya. Meski tahu Afi sudah mencuri karyanya, Cath tetap tak ingin Afi menjadi korban bully.

Apalagi jika serangan netizen membuatnya jadi terpuruk hingga melakukan hal-hal yang tak diinginkan.

“Aku rasa Afi memiliki banyak potensi, aku rasai dia bisa jadi orang yang pintar, aku juga merasa dia bisa menjadi orang yang baik dan berwawasan. Jadi, aku berharap suatu hari, dia akan menuliskan karyanya sendiri, atau mungkin mengunggah video yang menunjukkan tentang dirinya sendiri,” ungkap Cath.

Afi sendiri sempat membuat penrnyataan bahwa ia dan Catherine Olek adalah teman baik dan sering berkomunikasi.

Afi bahkan mengaku ia dan Cath akan berkolaborasi membuat video bersama.

Sayangnya, anggapan ini langsung dibantah oleh Cath.

“Kami bukan teman baik dan aku tidak memaafkan apa yang sudah ia lakukan. Tidak ada cara untuknya untuk membenarkan plagiarism dan hal yang sudah ia lakukan.”

Cath mengaku bahwa ia tidak berkomunikasi rutin dengan Afi.

Ia mengakui memang sempat berkomunikasi beberapa kali dan berencana membuat video, namun itu semua hanya wacana.

Cath mengaku mencoba baik pada Afi dan menganggapnya tak layak dibenci dan di-bully bukan berarti ia dan dirinya berteman.

Cath mengatakan ia sempat kecewa karena saat ia berhasil menghubungi Afi, remaja itu tak minta maaf atas apa yang ia lakukan.

Di bagian akhir videonya, Cath pun menyampaikan pernyataan tak terduga.

“Afi dan aku tidak akan pernah berteman. Kami tak akan pernah berteman. Aku tidak bisa berhubungan dengan seseorang yang menganggap perilakunya baik-baik saja. Aku tidak berpikir yang dia lakukan itu benar. Dan aku juga berpikir Afi itu semacam sampah.”

Cath menjelaskan meski ia menganggap seseorang itu sampah tetapi tak berpikir orang tersebut layak mati. Cath sebenarnya tak ingin melihat Afi menyakiti dirinya sendiri atau bunuh diri.

“Aku hanya ingin memastikan dia sehat. Tapi, aku tidak punya niat berteman dengannya. Aku tidak merasa dia orang yang baik. Aku tidak mengira dia benar-benar peduli pada orang lain. Aku tidak terlalu suka dengan kepribadiannya, itu bukan seseorang yang ingin aku jadikan teman dan aku sukai.”

Cath dalam akhir videonya kembali menegaskan bahwa ia tak menyukai Afi dan tidak mau berteman dengannya.

Walau begitu, Cath hanya ingin menolongnya, ia tak ingin Afi menyakiti dirinya sendiri.

Afi Sampai sekarang belum menanggapi hal ini. []

Sumber: tribunnews.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.