Unik, Informatif , Inspiratif

Agar Awet dan Tahan Lama, Ini 4 Tips Jitu Merawat Baterai Laptop

0

Baterai merupakan salah satu komponen paling penting yang ada dalam laptop. Bagaimana tidak, jika tidak sedang mengakses colokan listrik, baterai laptop adalah satu-satunya jalan agar laptop tetap menyala.

Oleh karena itu, menjaga keawetan baterai laptop menjadi hal yang penting diketahui. Berikut ini tips merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama melansir antvklik.com:

 

1. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati

 

Jika ingin kondisi baterai awet dan tahan lama, ada baiknya kamu mengisi daya baterai laptop dalam keadaan mati. Selain bertujuan supaya data baterai terisi lebih cepat, mengisi daya baterai dalam keadaan laptop mati akan membuat laptop kamu beristirahat sebentar dari semua aktivitas yang membuat laptop menjadi panas.

 

2. Jangan Menunggu Baterai 0% Untuk Menchargernya

 

Jangan pernah menunda untuk mengisi daya baterai laptop sampai nol persen. Karena saat baterai mulai berada di bawah 20%, laptop akan tetap terus bekerja terus-menerus dan lama kelamaan akan membebani kinerja CPU. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu mulai mengisi daya baterai laptop kamu saat daya 20% supaya baterai lebih awet dan tidak mudah rusak.

 

3. Gunakan Charger Original

 

Berikutnya adalah selalu mengusahakan untuk selalu menggunakan charger yang original. Jangan pernah mencoba untuk melakukan proses pengisian daya baterai laptop kamu menggunakan charger yang kualitasnya tidak bagus. Charger tidak original bisa membuat baterai laptop cepat rusak.

Selain itu, jangan pernah juga mencoba untuk menggunakan charger laptop milik orang lain dengan alasan port chargernya sama. Karena dengan menggunakan charger lain akan membuat arus listrik tidak stabil dan membuat baterai laptop kamu menjadi cepat rusak karena arus yang terlalu tinggi.

 

4. Cabut Charger Saat Daya Sudah 100%

 

Jika daya baterai laptop kamu sudah 100% atau full, segera cabut charger tersebut. Jika tidak segera dicabut, maka akan memperpendek jangka waktu umur baterai itu sendiri. Selain itu, hal tersebut akan membuat arus listrik terus mengalir, padahal baterai sudah terisi penuh. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.