mencuci handuk
Foto: tutorialoka

Agar Bakteri Mati, Ini Cara Mencuci Handuk yang Benar

Harus kita tahu, kain handuk pada hakikatnya merupakan tempat berkembang biak banyak bakteri meskipun handuk masih terlihat bersih dan wangi.

Handuk biasa menjadi tempat penyebaran mikroba bakteri hanya dalam beberapa hari apalagi jika handuk berada di tempat yang lembap dan hangat.

Dan bagi Anda yang terbiasa menaruh handuk di dalam kamar mandi, berita buruknya seperti yang dikatakan oleh ahli mikrobiologi Charles Gerba kepada Time, bahwa dalam satu penelitian yang belum pernah dirilis: 90 persen handuk yang ada di kamar mandi terkontaminasi bakteri coliform dan 14 persen ditemukan membawa bakteri E. coli.

Ada lebih banyak lagi handuk lembap yang ditemukan sebagai tempat berkembang biak bagi bakteri MRSA. Bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam luka atau kulit kering sehingga dapat menyebabkan infeksi kulit.

Menurut Dr. Gerba, sebaiknya cuci handuk mandi dengan air panas yang melawan bakteri dan pemutih oksigen aktif (atau pemutih alternatif) setelah dua hari dipakai. Jika Anda tidak suka menggunakan pemutih, cobalah alternatif seperti desinfektan jus lemon, cuka, atau hidrogen peroksida. Setelah dicuci, pastikan handuk benar-benar kering sebelum disimpan di dalam lemari pakaian. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *