Baterai, Agar Baterai Ponsel Tak Mudah Panas
Unik, Informatif , Inspiratif

Agar Baterai Ponsel Tak Mudah Panas

0

Banyak berita tak mengenakkan terdengar oleh kita, dari meledak hingga merusak organ-organ tubuh. Ya, baterai ponsel yang panas. Banyak hal yang bisa dilakukan agar hal tersebut dapat terhindari.

Ada lima tips sederhana agar ponsel kita tak cepat panas. Berikut daftarnya:

1. Main Game dengan Wajar

Tak bisa dipungkiri, bahwa game menjadi kewajiban bagi smartphone alias ponsel pintar. Terlebih, untuk kids zaman now. Namun, hasrat untuk bermain game tampaknya harus ditekan saat ponsel sudah mulai hangat.

BACA JUGA: Supaya Awet, Ini 6 Cara Pengisian Baterai Smartphone yang Benar

2. Minimalkan Penggunaan Bluetooth, GPS, dan Wifi

Sederhana, tapi berdampak besar. Ketiga fitur penghubung itu, kalau menyala terus-menerus, akan membuat ponsel kita cepat panas. Jika tidak digunakan, lebih baik dimatikan. Aktifkan kalau memang benar-benar dibutuhkan, terlebih wifi. Sebab, koneksi ini bisa jadi salah satu pintu masuk hacker untuk membobol smartphone kita.

3. Tak Gunakan Case Saat Mengisi Daya

Ini juga sederhana. Terkadang kita malas untuk membuka case ponsel hanya karena repot. Padahal case, terutama yang berbahan karet, merupakan penghantar panas yang buruk (isolator). Case akan menahan energi panas yang timbul saat kita mengisi daya ponsel.

BACA JUGA: Baterai Ponsel Diisi Charger Lain? Ini Dampaknya!

4. Gunakan Pengisi Daya Orisinil

Pernah dengar soal charger gak ori, bukan? Nah, itu salah satu penyebab ponsel cepat panas. Musababnya, komponen elektronik yang dipakai bisa saja tidak sesuai dengan ponsel kita. Selain bikin cepat panas, charger tidak ori juga bisa bikin smartphone cepat rusak.

5. Rajin Pindai File Tak Berguna

File tak berguna kerap muncul setelah sebuah aplikasi berhenti dijalankan atau berselancar di Internet. Isilahya cache. Ini yang membuat kerja ponsel melambat dan menyebabkan panas. Banyak aplikasi di Play Store maupun App Store yang bisa membersihkan file ini secara otomatis. []

Tempo


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.