Unik, Informatif , Inspiratif

Agar Disukai Banyak Orang, Yuk Belajar Sopan

0 79

Memiliki kepribadian yang disenangi banyak orang tentu bukan hal yang mudah. Tapi, bukan berarti pula mustahil dilakukan.

Hal paling penting yang perlu kita lakukan agar disenangi banyak orang adalah dengan bersikap sopan kepada semua orang.

BACA JUGA: Ini Ciri Orang Lain Tak Suka ke Kita

Jika kita terlalu pemalu, mungkin bersikap sopan pada orang lain ini belum terbiasa kita lakuakan. Karena itu, kita perlu terus belajar untuk membiasakannya

Berikut tips untuk belajar bersikap lebih sopan agar Anda disukai banyak orang.

1. Mulai dengan percakapan ringan

Saat Anda berkenalan atau bertemu dengan orang baru, sebaiknya Anda memulai obrolan dengan topik yang ringan seperti pekerjaan atau hobi. Lalu biarkan percakapan mengalir apa adanya.

Dengarkan lawan bicara Anda dengan penuh perhatian. Jangan bertanya soal hal-hal yang bersifat privasi seperti usia atau status pernikahan karena Anda bisa dianggap tidak sopan dan terlalu ingin tahu kehidupan orang lain yang belum begitu dikenal.

2. Sebut nama orang yang Anda ajak bicara

Hal yang sederhana tapi sering dilupakan adalah mengingat nama. Lawan bicara akan merasa senang saat kita menyebut namanya. Selain itu, ingat nama orang lain juga menandakan kita pribadi yang sopan.

Kurang sopan kalau kita memanggil orang lain dengan “hei” atau “kamu”. Jadi, berusahalah lebih keras untuk mengingat nama dan gunakan saat bercakap dengan orang tersebut.

3. Jaga kontak mata dengan lawan bicara

Mengalihkan pandangan atau sibuk dengan gadget saat mengobrol adalah hal yang kurang sopan. Lawan bicara akan menganggap Anda tidak memerhatikan apa yang sedang didiskusikan.

4. Sabar menanti di segala kondisi

Sebaiknya Anda sabar dan tetap mengantri karena memotong antrian tentu tidak sopan dan menyebalkan buat orang lain. Tidak membunyikan klakson mobil saat terjebak macet juga salah satu contoh perilaku sopan. Mendahulukan kepentingan orang lain membentuk image sopan Anda di mata orang lain.

5. Biasakan “tolong” dan “terima kasih”

Saat minta bantuan orang lain, selalu awali dengan kata tolong. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih bila dibantu, meskipun bantuan yang kecil sekalipun.

BACA JUGA: Ternyata Ratu Elizabeth Punya Tangan Palsu Khusus Melambai

6. Berusaha selalu tepat waktu

Jam karet tampak seperti kebiasaan yang wajar. Tapi, berusaha tepat waktu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang menghargai waktu.

Usahakan datang tepat waktu saat Anda punya janji dengan teman atau kolega. Selain membuat tampak lebih sopan dan profesional, orang lain akan senang karena Anda menghargai waktu yang sudah mereka luangkan untukmu. []

SUMBER: IDNTIMES

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline