Unik, Informatif , Inspiratif

Agar Shalat Khusyuk, Lakukanlah 2 Hal Ini

0

Kekhusyuan merupakan salah satu syarat utama agar shalat diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Tak cukup lahiriahnya saja (syarat dan rukun shalat) yang terpenuhi, batin/hati pun harus khusyuk mengingat Allah agar shalat diterima dan sampai kepada-Nya.

Bukan hanya tidak diterima, shalat yang tidak khusyuk pun dicela dan diancam neraka oleh Allah.

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna.”(QS. Al-Maun: 4-6)

Sayangnya, shalat yang khusyuk itu mamang sulit dan berat.

Meski bukan sesuatu yang mustahil, tetapi masih banyak dari kita kesulitan untuk sampai pada derajat khusyuk tersebut.

Pasalnya, bermacam pikiran acapkali muncul sehingga mengganggu konsentrasi untuk khusyuk mengingat Allah pada saat shalat.

Jika hal demikian yang memang dihadapi, Syeikh Ibnul Mulqin punya kiat agar bisa khusyuk.

Seperti dikutip oleh Syeikh Ahmad bin Hijazi Al Fasyani dalam Al Majalisus Saniyyah, Syarah Al Arbain Nawawiyyah, Syeikh Ibnul Mulqin mengingatkan setiap Muslim harus menyadari Allah sangat dekat.

” Ibnul Mulqin berkataalangkah indahnya kalimat sejumlah orang saleh berikut ini, ‘Bila kau sedang mengerjakan sholat, sadarilah Allah sedang berada di hadapanmu. Karena itu, hadapilah (dengan benar) Allah yang sedang menghadapimu, yang dekat denganmu, dan sedang memandangmu’.”

Seseorang yang tengah melaksanakan shalat perlu menyadari tidak ada jaminan usianya akan panjang.

Bahkan, tidak ada yang bisa memastikan seseorang tetap hidup ketika berganti gerakan shalat. Syeikh Ibnul Mulqin mengingatkan demikian.

“Bila kau sedang rukuk, jangan bayangkan usiamu panjang sampai i‘tidal. Bila kau sedang i’tidal, jangan bayangkan usiamu berlangsung sampai pada kondisi sujud. Bayangkan surga ada di sisi kananmu dan neraka di sisi kirimu sementara sirath di bawah kedua telapak kakimu. Kalau begini caranya, baru kau benar-benar shalat.”

Menurut Syeikh Ibnul Mulqin, kunci shalat yang khusyuk adalah kesadaran walau bagaimanapun keadaanya sehingga shalat tersebut bisa sampai kepada Allah subhanahu wa ta’ala. []

 

Sumber 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.