dosa tidak nafkahi istri
Foto: Tribunnews.com

Agar Tidak Boros, Ini 7 Tips Jitu Hidup Hemat

Gaji yang minim dan pengeluaran tidak stabil membuat uang habis begitu saja, hal tersebut tidak boleh terus menerus terjadi. Anda harus mencari cara bagaimana mengamankan sebagian uang agar tidak terpakai seluruhnya untuk hal yang tidak penting.

Berkut ini 7 langkah penting untuk mengamankan sebagian uang yang Anda agar hidup tidak boros:

1. Jangan menyimpan uang di rumah

Tidak menyimpan semua uang di rumah. Banyak orang masih menggunakan cara lama ini, dengan alasan praktis dan tidak merepotkan. Padahal, menyimpan uang di rumah sangat tidak aman dan memiliki resiko yang besar.

Banyak tindak kejahatan perampokan terjadi dikarenakan seseorang menyimpan uangnya di rumah, dan diketahui oleh orang lain, sehingga menggoda orang lain untuk menguasainya.

2. Belanjakan sesuai kebutuhan

Belanjakan uang penghasilan Anda sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda, jangan berjiwa konsumtif.

Rasa “haus” untuk memiliki sesuatu yang Anda inginkan, hendaknya dapat Anda kendalikan, jangan malah kalah. Melatih diri untuk bijaksana mengatur pengeluaran Anda sedini mungkin, akan menyelamatkan kehidupan finansial Anda di masa depan.

3. Membuat catatan pengeluaran bulanan

Mencatat pengeluaran adalah hal sangat penting karena dengan begitu kita bisa mengatur keuangan dengan pasti. Maka Anda harus berusaha dengan bijaksana mengatur pengeluaran.

4. Jangan memegang uang tunai terlalu banyak

Tidak membawa uang tunai terlalu banyak. Biasakan membawa uang tunai yang cukup untuk 3 hari ke depan saja.

5. Gunakan safe deposit

Jika Anda terpaksa harus menyimpan uang di rumah dalam jumlah cukup banyak, ada baiknya Anda memiliki safe deposit. Namun, sebaiknya Anda tidak membeli safe deposit yang berukuran kecil dan ringan.

Belilah safe deposit berukuran besar dan berat, yang setidaknya tidak mampu diangkat oleh satu orang. Selain Anda dapat menyimpan uang di dalamnya, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengamankan surat-surat berharga milik Anda, seperti ijazah, sertifikat-sertifikat, dsb.

6. Menginvestasikannya

Cara berikutnya adalah dengan menginvestasikan sebagian dari uang penghasilan Anda ke dalam bentuk lain yang nilainya tidak mudah berubah, seperti tanah, rumah, polis asuransi atau emas.

7. Memiliki rekening di bank yang berbeda

Cara ketujuh, miliki beberapa rekening bank yang jenisnya tidak dikenakan biaya bulanan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *