Unik, Informatif , Inspiratif

Agar Tidak Rugi saat Membeli Telur, Kenali Cara Memilihnya

0

TELUR sering dijadikan sebagai menu makanan atau pun bahan pelengkap membuat kue. Namun karena kondisi telur yang tertutup maka sulit mengetahui kondisi telur tersebut. Jika kita akan memasak telur dadar, maka akan ketahuan dengan segera setelah telur dituangkan ke dalam mangkuk. Namun bila kita hendak membuat rendang telur maka sulit sekali mengetahui mana telur yang masih baik dan tidak.

Perlunya mengetahui mana telur yang baik untuk direbus sangatlah penting. Karena jika telur yang busuk terlanjur direbus, pastinya sulit untuk dibedakan dengan telur yang masih baik. Berikut ini ada tips bagaimana cara memilih telur saat membeli di pasar

1. Dalam hal ini pilihlah warna kulitnya yang berwarna coklat kemerahan (coklat tua), dan bila sudah seperti itu di jamin telur masih dalam kondisi segar. Namun sebaliknya hindarilah memilih warna kulitnya yang terlihat coklat pucat atau condong keputihan. Di karenakan ciri tersebut pertanda usia telur sudah lama terpajang. Dan memang lewat cara ini lah yang terbilang sederhana dan paling mudah, namun demikian sudah sering teruji dan umumnya selalu berhasil. Antara memilih telur yang berkualitas baik dengan yang tidak.

2. Bila saat di raba permukaannya agak terasa kasar, hal ini malah mencirikan telur dalam kondisi baru. Dan bila di rasa halus dan kulit telurnya nampak terlihat mengkilap justru menandakan sebaliknya.

3. Di tips selanjutnya, Anda bisa juga lakukan dengan cara mengocok telur keatas- kebawah atau kedepan- kebelakang deket dengan telinga. Bila kondisi telur di rasa ada yang ikut bergerak di dalamnya atau terdengar suara, maka di simpulkan bagian kuning telur telah bergeser pisisinya bahkan rusak. Dan bila di gerakan tidak terdengar apa-apa malah mengisyaratkan telur tersebut dalam kondisi baik.

4. Terkadang di temui di sejumlah pasar tradisional, penjual kerap menawarkan telur yang cangkangnya pecah atau retak.Dan harga yang diberikannya pun bisa selisih separuh dari harga normal.Hanya di kuatirkan mengingat keberadaannya telah tercampur dengan kotoran.Membuat kuman(bakteri) dapat lebih mudah masuk dari retakan dan celah pecahan kulitnya tadi.

Untuk lebih meyakinkan apakah telur yang dibeli itu baik atau tidak untuk dimasak, Anda bisa melakukan tips berikut ini.

1. Telur yang paling segar akan tenggelam dalam posisi horizontal karena belum ada rongga udara di dalamnya.

2. Telur yang berusia satu minggu, posisi bagian bawahnya (yang besar) akan sedikit condong ke atas (seperti menungging) karena ruang udara di bagian tersebut semakin besar. Dengan begitu jika direbus, telur akan mudah dikupas dibandingkan telur baru.

3. Telur usia Iebih dari 2 minggu, ruang udaranya semakin besar sehingga posisi telur benar-benar vertikal. Jika dikupas, bagian bawahnya berbentuk datar.

4. Telur usia minggu keempat, telur mengapung di permukaan air. Kesegarannya hilang atau kurang sama sekali.

Kali ini Anda pasti sudah tau bagaimana memilih telur yang masih sehat saat membeli dan memilih telur yang baik untuk dimasak. []

Sumber: purnomosymb19/ipbkpm


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.