kaligrafi arab dan cina
kaligrafi arab dan cina (foto: ilmfeed)

Agungnya Seni Islam, Korelasi Antara Kaligrafi Arab dan Cina

kaligrafi arab dan cina
kaligrafi arab dan cina (foto: ilmfeed)

INSPIRADATA. Kaligraf√≠ berasal dari kata Yunani untuk kallos “kecantikan” dan graphos “menulis”, yang berarti menulis indah. Yang paling terhormat di dunia, adalah kaligrafi Arab dan Cina. Bagaimana jika dikolaborasikan dengan berorientasi inti Islam?

Kaligrafi, lebih dari sekedar alat komunikasi, itu adalah seni yang dipraktekkan dalam banyak bahasa. Beberapanya adalah Arab, Persia, India, Mongolia, Jepang dan Cina kaligrafi adalah contoh dari bahasa mana seni menulis indah memiliki cara dampak yang lebih penting dari budaya lokal, dengan membuatnya menjadi seni utama.

Kadang-kadang, kaligrafi juga adalah seni yang menjadi ciri khas Islam, karena sering ditempatkan di tempat penting. Bahkan, kaligrafi Islam telah digunakan selama sejarah dengan cara cara yang lebih berbeda, dari arsitektur untuk koin desain.

islamic-calligraphy-16-900-601

Percampuran antara kaligrafi Arab dan Cina, menjadi ciri khas tersendiri.

Sejarah kaligrafi Cina, di sisi lain, adalah selama itu dari China itu sendiri. Pun begitu, seni kaligrafi menjadi budaya tertinggi dari seni Cina, dengan nilai budaya yang tak tertandingi juga.

BACA JUGA
Arti Kaligrafi di Pintu Gerbang Makam Nabi Muhammad SAW
Amerika, Negeri Muslim yang Dimurtadkan

Cara satu menulis adalah sama pentingnya dengan apa yang ditulisnya. Dalam sastrawan Cina ada empat keterampilan dasar atau disiplin, yang meliputi selain lukisan, permainan papan dan alat musik petik juga kaligrafi. Ini bukan hanya sebuah karya keindahan abstrak garis tapi cara diri mengekspresikan dan budidaya.

Kemudian, apa yang akan terjadi jika dua budaya yang paling terhormat ini, benar-benar digabungkan?

Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan melihat karya seni Haji Noor Deen Mi Guang Jiang. Ia lahir pada tahun 1963 di provinsi Shandong, Cina, dan adalah master terkenal kaligrafi Arab.

56f2562a49038

Haji Noor adalah anggota dari Asosiasi Kaligrafi Mesir dan Muslim dari China pertama yang telah diberikan Sertifikat kaligrafi Arab dari Mesir.

Dari pada itu, dia termasuk dalam 500 edisi Muslim 2011. karya seni yang luar biasa-Nya memperkenalkan dunia baru kaligrafi, dengan keindahan yang unik. Subkategori ini disebut ‘Sini’, bentuk kaligrafi Islam Cina dari tulisan Arab. []

Sumber: ilmfeed


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *