Unik, Informatif , Inspiratif

Ahmad Dhani Kaitkan NU sebagai Pendukung Nasakom, PBNU: Itu Tidak Benar!

0

JAKARTA– Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas angkat bicara perihal video viral musisi Ahmad Dhani yang menyebut bahwa Nahdlatul Ulama (NU) dan PDIP dikaitkan dengan nasakom (nasionalis, agama, komunisme).

NU dan PDIP sama-sama membantah soal konsep politik yang digagas presiden ke-1 RI Sukarno itu. NU pun membantah tudingan Dhani dan menegaskan NU bukanlah pendukung PKI.

BACA JUGA: NU Dicap Radikal di Buku SD, Ketua PBNU: Kemendikbud Harus Tanggung Jawab

“Di tahun politik ini, ada saja yang menarasikan seolah-olah NU akan menjadi pendukung nasakom (nasionalis, agama, komunisme) baru kalau Jokowi menang pilpres. Ilusif dan ahistoris. Narasi keliru yang disampaikan tersebut didasarkan karena NU di masa Bung Karno berkuasa pernah mendukung nasakom,” kata Robikin, pada Jumat (8/2/2019).

“Perlu dicatat, NU bukan pendukung PKI. Setelah pemberontakan G30S/PKI, NU bahkan berada di garda terdepan menuntut pembubaran PKI. Mengapa? Karena paham Islam ahlu sunnah wal jamaah dan visi kebangsaan yang dianut NU tak memberi ruang bagi tafsir PKI terhadap sila pertama Pancasila dan pemberontakan yang dilakukan PKI,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam video yang viral, Ahmad Dhani menyebut nasakom (nasionalis, agama, komunis) yang, menurutnya, didukung PKI dan Nahdlatul Ulama (NU). Dhani juga menyinggung tentang organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan pemerintah.

BACA JUGA: Yenny Wahid Sebut Puisi ‘Doa yang Ditukar’ Singgung Banyak Warga NU

“Dulu pendukung nasakom, banyak anak-anak NU, meskipun yang sudah di PBNU, teman-teman saya nggak paham itu bahwa dulu yang dukung nasakom bersama PKI dalam komunisnya PKI itu NU. Nah, sekarang ini mereka sudah bergabung PDIP, NU dengan komunisnya, nih. Jadi HTI itu tidak ada apa-apanya dengan nasakom. HTI tidak mengubah ideologi Pancasila,” ujarnya. []

SUMBER: DETIKNEWS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.