Foto: JPNN

Ahok: Negara Akan Runtuh, Jika Hukum Tidak Jadi Fondasi

INSPIRADATA. Basuki Tjahja Purnama (Ahok) berharap vonis hakim yang akan dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, besok pada dirinya tidak berdasarkan tekanan massa. Demikian disitat dari CNNIndonesia, Senin (8/5/2017).

“Jangan penghakiman karena massa. Fondasi hukum dan aturan itu enggak boleh runtuh. Kalau runtuh ya negara ini bisa runtuh satu hari,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 8 Mei 2017 kemarin.

Ahok memasrahkan apapun vonis hakim esok kepada Tuhannya. Namun ia berharap agar dirinya diputuskan tidak bersalah oleh hakim. Pasalnya ia sama sekali tidak berniat melakukan pelanggaran hukum apalagi sampai menodai agama tertentu.

“Ada perbedaan pendapat di kepolisian, mana ada dalam sejarah hukum kita, hitungan jam jaksa enggak periksa, langsung memasukan ini (berkas). Karena tekanan massa, karena politik, yang penting Ahok enggak jadi gubernur lagi,” kata Ahok.

Ahok merasa selama ini dia diperlakukan tidak adil. Perlakuan tak adil ini diterima sejak awal ditetapkan sebagai tersangka perkara penodaan agama di kepolisian.

Sejak awal sidang digelar, Ahok menilai kasusnya sudah jelas. Dalam dakwaan ia dijerat pasal penodaan agama dengan alternatif pasal tentang pernyataan permusuhan dan kebencian terhadap terhadap suatu golongan.

Dalam tuntutan, jaksa menghilangkan pasal penodaan agama dan hanya menuntut Ahok dengan pasal 156 KUHP tentang pernyataan permusuhan dan kebencian pada suatu golongan.

“Tuntutan jaksa saya tidak terbukti menodai atau menista agama dan saya juga tidak terbukti menghina golongan tertentu, sekarang tinggal hakim,” kata Ahok.

Sidang kasus Ahok besok akan memasuki babak akhir dengan agenda pembacaan vonis. Sidang digelar di Auditorium Kementerian Pertanian. Sidang selalu menarik perhatian publik dengan adanya aksi massa yang pro dan kontra.

Terkait kasus Ahok ini sejumah eleman masyarakat bahkan kerap menggelar aksi turun ke jalan sejak Oktober 2016. Aksi terakhir digelar pada 5 Mei lalu di Mahkamah Agung. Mereka meminta hakim tetap independen dalam menyidang kasus Ahok. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *