tanggal kedaluwarsanya air mineral
Foto Ilustrasi: David Avocado Wolfe

Air Kedaluwarsa?

Air yang kedaluwarsa, adakah hal tersebut? Ya, meski jarang dibincangkan, namun hal tersebut benar adanya.

Setiap kemasan air minum akan ditemukan tulisan tanggal kedaluwarsa. Namun, kedaluwarsa di sini bukan berarti air tersebut tidak dapat diminum apabila telah melewati tanggal yang tercantum.

Pada dasarnya, berdasarkan undang-undang yang berlaku, produsen wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa di semua makanan dan produk minuman yang habis pakai, termasuk air kemasan. Tanggal kedaluwarsa lebih dimaksudkan untuk botol plastik yang mewadahinya, bukan airnya. Karena air dalam kemasan sebetulnya tidak dapat kedaluwarsa.

Selain itu, pencantuman tanggal juga lebih untuk memfokuskan pada informasi manufaktur, kontaminasi, kesalahan pembotolan, atau perlu atau tidaknya penarikan produk.

Meskipun air dalam kemasan tidak dapat kedaluwarsa, rasa dan kualitas pada air tersebut dapat berkurang jika telah melewati tanggal kedaluwarsa.

Efek samping yang dapat terjadi adalah gangguan pencernaan seperti diare, tapi hal ini jarang sekali terjadi. Bagaimanapun juga, minuman yang mengandung gula atau garamlah yang lebih berbahaya bila tetap dikonsumsi setelah tanggal kedaluwarsanya habis, contohnya soft drink.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan tanggal produksi dan kedaluwarsa yang tercantum pada gelas atau botol air kemasan yang hendak diminum. Biasakan untuk selalu menghabiskan air kemasan dalam waktu kurang dari sehari agar kualitas di dalamnya tetap terjaga. []

Sumber: Klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *