Unik, Informatif , Inspiratif

Ajak Buah Hati Wisata ke Alam, Siapa Takut?

0 27

Untuk orang tua yang mempunyai hobi wisata alam, tentu ingin membawa buah hatinya berwisata bersama ke alam. Wisata alam membawa dampak positif bagi pelakunya. Minimal mereka akan kembali ke rutinitas dengan jiwa yang segar.

Anda akan merasakan manfaat wisata bersama dengan buah hati. Seperti:
– pendidikan untuk anak.
-Orang tua bisa menanamkan cinta alam pada anaknya.
-mempererat hubungan keluarga
-olah raga, karena jalan yang panjang, akan berdampak pada meningkatnya kekuatan tubuh.
-mengenal budaya lokal.

BACA JUGA: Pilih Mana, Sibuk Menuntut Ilmu atau Sibuk Traveling?

Bila buah hati anda masih balita, anda bisa memilih tempat wisata alam yang relatif aman, seperti: Kebun Raya Bogor, Kebun Binatang, Taman Juanda Bandung.

Namun bila buah hati anda sudah usia SD, SMP, SMA anda bisa memilih aktifitas alam yang lebih variatif:

Berikut adalah tips berpetualang di alam ala mama anas, seorang petualang sekaligus ibu seorang anak usia SD:
Kemping dapat dilakukan oleh segala usia, namun perlu disesuaikan lokasinya. Pilih yang mudah diakses dan tidak terlalu jauh dari fasilitas umum atau desa sekitar.
Pergi ke air terjun cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas, yang sudah kuat berjalan sendiri. Banyak air terjun yang lokasinya cukup mudah dijangkau, sehingga orang tua tidak perlu repot menggendong anaknya.

BACA JUGA: 9 Tanda Kalau Anda Butuh Liburan

Naik gunung banyak orang tua yang hobi naik gunung turut membawa serta anaknya. Biasanya anak-anak usia 3 tahun ke atas sudah mulai bisa diajak mendaki. Namun, beberapa orang tua justru menunggu hingga anak cukup kuat mendaki sendiri, yaitu sekitar usia 7 tahun ke atas.
Bersepeda ke perbukitan. Awali dengan jarak yang dekat dahulu. Lalu pelan-pelan, Anda bisa mengajak si kecil menempuh rute yang lebih jauh.
Naik kano. Sebelum mengajak bertualang naik kano, pastikan anak mengerti cara menyelamatkan diri, apabila jatuh ke air. Anak bisa mencoba belajar mengayuh kano sesuai dengan kemampuannya.[]

SUMBER: PARENTING INDONESIA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline