Unik, Informatif , Inspiratif

Ajari Anak Manajemen Keuangan Sejak Dini

0
, Ajari Anak Manajemen Keuangan Sejak Dini
keuangan (Foto: Shutterstock)

INSPIRADATA. Masalah keuangan sudah semestinya diajarkan orangtua pada anak sejak kecil. Terlebih lagi, saat anak sudah mulai meminta uang untuk membeli makanan.

“Mulainya sejak mereka sudah minta makan kue dan sebagainya, itu biasanya di usia tiga tahun,” kata psikolog anak dan keluarga Rosdiana Setyaningrum.

Seperti dilansir Republika, saat anak mulai tertarik membeli sesuatu, orangtua perlu memastikan apakah mereka benar-benar membutuhkan barang itu atau tidak. Sementara untuk masalah keuangan, orangtua juga harus bisa mengajarkan anak cara mengatur hal ini dengan baik. Hal ini dapat dilakukan saat mereka sudah mulai mengenal hitungan dalam ilmu matematika.

Related Posts
1

Tiga Cara agar Anak Tidak Ngompol

BACA JUGA
Inilah Beberapa Cara Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa
Marie Muhammad, Mantan Menteri Keuangan RI Tutup Usia

“Dan ketika masuk SD kelas satu, mereka sudah mulai belajar uang secara nyata. Di sini, orangtua bisa memberitahu kalau uang itu alat tukar. Dan beritahu juga tentang pengambilan uang di ATM itu tidak boleh sekedar ambil. Ini perlu mulai diajarkan secara mendalam,” tambah dia.

Dengan adanya pembelajaran keuangan sedari kecil, Rosdiana menjelaskan, ini bisa memudahkan orangtua dalam menerapkan kebiasaan baik. Dengan kata lain, anak dapat belajar hemat dalam mengatur keuangannya di masa depan.

“Apapun yang diajarkan sejak kecil itu lebih bagus untuk membiasakan,” tegas dia.


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline