Unik, Informatif , Inspiratif

Akankah Mark Zuckerberg Mundur dari Facebook?

0 16

Akankah Mark Zuckerberg Mundur dari Facebook? Peran ganda Zuckerberg sebagai chairman sekaligus CEO akan menyulitkan langkah Facebook untuk memperbaiki masalah dengan benar di dalam perusahaan. Hal ini disebutkan oleh Investor Natasha Lam. Di sisi lain menurut Goodridge, jika Zuckerberg turun dari kursi chairman, maka harga saham Facebook akan anjlok.

Investor lain yang menuntut Zuckerberg untuk mundur adalah Jonas Kron. Kron adalah senior Vice President di Trillium Asset Management. Dia yang memiliki saham 8,5 juta pound sterling di Facebook.

“Facebook seakan menjadi perusahaan istimewa,” sebut Kron. “Padahal tidak. Facebook adalah perusahaan, dan perusahaan harus memiliki pemimpin direksi kepala (chairman) dan CEO yang terpisah,” imbuh Kron. Ada alasan lain mengapa Para investor Facebook meminta Mark Zuckerberg untuk lengser dari jabatannya sebagai chairman (pemimpin direksi).

BACA JUGA: Fitur Baru, Cek Berapa Lama Anda Facebook-an, Ini Caranya

Alasan permintaaan mundur adalah karena laporan bahwa Facebook merekrut firma Public Relation bernama Definers untuk memoles kampanye hitam terhadap George Soros.

Sebagaimana kita ketahui, George Soros, adalah seorang filantropi keturuann Amerika-Yahudi. Soros adalah orang mendirikan lembaga swadaya bernama Open Society Foundation. Lembaga yang mempromosikan gerakan anti-Facebook. Mereka menuduh Facebook mengancam nilai-nilai demokrasi. Tentu saja Tuntutan untuk mundur pada Mark Zukerberg akan menyulitkan Sir Nick Clegg, pejabat baru Facebook yang diangkat sebagai Head of Global Policy and Communication bulan lalu.

Clegg adalah bekas politisi senior yang berkoalisi dengan mantan Perdana Menteri Inggris, David Cameron 2010 lalu, diminta untuk melakukan peninjauan atas laporan Facebook yang menggunakan firma pelobi.

BACA JUGA:Saham Anjlok hingga 20 Persen, Facebook Jelaskan sebab dan Langkah Antisipasinya

Baik Zuckerberg dan Clegg didesak untuk menindaklanjuti laporan prekrutan Definers demi memperbaiki reputasinya. Keadaan itu ditambah tuduhan keterlibatan Rusia dalam pemilu AS 2016 dan penyalahgunaan data pengguna oleh Cambridge Analytica.

Definers sepertinya benar-benar dapat menyebabkan Mark untuk turun tahta di Facebook. Hal ini dIsebabkan karena Definers dituduh mengampanyekan kritik anti-semitisme yang memuat artikel bias tentang kompetitor Facebook. Kampanye itu melibatkan para jurnalis untuk membuat laporan bahwa kelompok anti-Facebook terkait dengan Soros.

Zuckerberg menegaskan bahwa dia adalah satu-satunya, dan orang yang sama dengan perusahaan yang ia dirikan. Ia mengatakan tidak akan menyerahkan kendalinya dalam waktu dekat. []

SUMBER: KOMPAS.COM

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline