Aksi Solidaritas Mahasiswa Lindungi Temannya yang Shalat Jumat

Aksi Solidaritas Mahasiswa Lindungi Temannya Shalat Jumat

INSPIRADATA. Sebelum Ramadhan tiba, pihak University of East Anglia di Inggris mengambil kebijakan untuk menutup kamar atau ruangan shalat bagi para mahasiswanya. Namun, aturan tersebut tidak melunturkan niat ibadah para mahasiswa Muslim.

Mereka lalu melaksanakan shalat Jumat di area terbuka kampus University of East Anglia. Tak disangka, tanpa koordinasi sebelumnya, teman-teman mahasiswa non muslim yang lain langsung membentuk barikade melingkar untuk melindungi teman-teman mahasiswa muslim yang sedang shalat Jumat dari intervensi pihak kampus.

The Islamic Society of UEA, sebuah organisasi yang menghimpun mahasiswa Islam di kampus tersebut sempat memprotes kebijakan pihak kampus. Mereka pun membuat petisi untuk menolak penutupan tempat shalat itu, dan ternyata lebih dari 6.000 orang menandatangani petisi tersebut. Demikian seperti dilansir dari viva.co.id, Selasa (30/5/2017).

Aksi barikade untuk melindungi mahasiswa Muslim yang sedang shalat Jumat pun menyita perhatian publik. Foto dan kasusnya sempat viral pula di twitter dengan tagar #SaveOurSpace. Aksi solidaritas itu menuai banyak pujian dari para netizen.

Foto: @Adam_Kennerley

“Solidaritas bagi mahasiswa muslim yang berani menentang aksi islamofobia yang ditunjukkan oleh institusi kampus UEA,” kata pemilik akun @krum_tuschev yang menuliskannya dengan bahasa Inggris.

Sementara pihak kampus berdalih jika penutupan ruangan shalat itu adalah agar ruangan dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih besar dan demi kepentingan bersama di kampus.

“Kami mendukung saudara kami muslim dalam misi memperjuangkan ruang ibadah mereka,” cuit akun @Adam_Kennerly. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *