al-muradi, Al-Muradi, Ahli IPTEK Muslim dari Spanyol Abad V Hijriyah
Unik, Informatif , Inspiratif

Al-Muradi, Ahli IPTEK Muslim dari Spanyol Abad V Hijriyah

0

Dalam perkembangan dan peradaban Islam, kemajuan-kemajuan kaum Muslimin di bidang ilmu dan teknologi (Iptek) tidak hanya pada pembangunan masjid, menara, kubah dan bangunan lainnya. Mereka berkarya dengan menyumbangkan keindahan Islam dan kemampuannya dalam iptek untuk kemaslahatan semuanya. Sebut saja salah satunya, al-Muradi.

Para ilmuwan Muslim telah menghasilkan berbagai penemuan mekanik yang rumit. Bukan hanya nilai guna yang menjadi tujuan, pun begitu dengan seni/keindahan.

Salah satu dari sekian banyak karya mereka adalah Mushaf elektronik.

Tahun 1975, sebuah manuskrip tentang mekanik yang berjudul Al-Asrar fi Nata’ij al-Ifkar ditemukan di perpustakaan Orneen, Prancis. Buku tersebut berasal dari zaman kekuasaan bangsa Arab di Andalusia atau Spanyol.

Vernet Gines, pakar sejarah ilmu Arab di Universitas Barcelona mengatakan,

“Saya telah mendapatkan kepastian mengenai penisbatan kitab Al-Asrar fi Nata’ij al-Ifkar terhadap seorang penulis Arab-Spanyil, Ahmad (Muhammad) bin Khalaf al-Muradi yang hidup pada abad kelima Hijriyah (sebelas Masehi). Ia telah bertujuan untuk mengajarkan permainan mekanik yang semuanya dapat dijadikan sebagai jam air.”

Pakar sejarah ilmu Arab tersebut menegaskan bahwa buku tersebut mirip dengan buku yang diterjemahkan Shmiller ke dalam Bahasa Jerman pada 1992. Is pun menyatakan bahwa arsitek bangunan Prancis, Villardo H. yang hidup pada paruh kedua abad kedua belas Masehi memiliki pengetahuan tentang teknologi ilmuwan Arab yang berdasarkan pada gerakan kontinyu. [1]

Al-Muradi telah membuat konnsep teknologi maju, ia menamakannya dengan mushaf elektronik—yang ada di masjid Cordova.

Teknologi tersebut memungkinkan kita untuk membuka mushaf dan membacanya tanpa harus menyentuhnya. Wadah mushaf akan terbuka secara otomatis.

Itu hanya satu dari sekian banyak karya ilmuwan Muslim yang telah menyumbangkan keindahan dunia, yang diwujudkan dengan alat-alat serta Teknik-teknik modern. []

Referensi: Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia, karya DR Raghib as-Sirjani

[1] At-Turats al-Ilmu al-Islami, karya Ahmad Fuad Basya, hlm. 35-36


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.