Alasan KH Hasyim Asy’ari Dipilih Jadi Nama Masjid Raya di Jakarta

INSPIRADATA. Plt Gubernur DKI Jakarta Soemarsono menjelaskan alasan mengapa Masjid yang baru saja diresmikan Joko Widodo di Jakarta dinamai Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari.

“KH Hasyim Asy’ari ini pendiri NU, pahlawan nasional, dengan demikian kita membudayakan tokoh agama, membangkitkan nasionalisme,” kata Soemarsono dikutip dari Republika, Sabtu (15/4/2017).

Menurut Soemarsono, kedepannya, mungkin masjid-masjid yang akan dibangun dinamai dengan nama-nama tokoh lain, semisal dari Muhammadiyah.

Soemarsono menjelaskan, penggunaan nama KH Hasyim Asy’ari lewat proses pertimbangan panjang, dan dipilih setidaknya dari 27 nama yang diusulkan.

Ia menjelaskan, penamaan itu telah pula lewat koordinasi dengan keluarga KH Hasyim Asy’ari dan sudah lewat surat yang resmi.

Soemarsono turut menilai, penggunaan nama masjid tidak perlu memakai nama yang seperti biasanya, karena memang tidak ada kewajiban. Menurut dia, yang terpenting orang itu patut dihargai, dihormati dan nuansanya baik, seperti KH Hasyim Asy’ari. []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *