Ilustrasi. Foto: PCsteps

Alasan Kenapa di Musim Hujan Susah Sinyal

PERNAHKAH Anda mengalami susah sinyal ponsel saat cuaca hujan? Bagi Anda yang tinggal di daerah pasti sering mengalaminya. Apalagi di musim hujan dan bencana banjir melanda, warga kota pun tentu tak luput dari yang namanya susah sinyal. 

Kenapa cuaca bisa berpengaruh terhadap sinyal ponsel ternyata memang bisa dibuktikan secara ilmiah.

BACA JUGA: Ini Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Menurut laporan Weboost yang dilansir pada Kamis (2/1/2020), cuaca mampu memengaruhi kualitas sinyal ponsel, begitu juga dengan peralihan sebuah musim.

Misalnya, dari musim dingin ke musim semi untuk wilayah subtropis, dan pergantian musim panas ke hujan untuk negara tropis. Disebut terakhir ini, Indonesia termasuk salah satunya. Yaitu berada di negara tropis, dengan kondisi alam secara umum di bulan-bulan menjelang akhir sampai awal tahun mengalami musim hujan.

Secara teknis, cuaca memengaruhi penerimaan sinyal ponsel karena cuaca mampu mempengaruhi sinyal radio terestrial. Seperti yang sudah diketahui, lalu lintas jaringan seluler dilakukan pada gelombang radio.

BACA JUGA: Lagi-Lagi Internet, Ini 5 Tempat Spesialis Sinyal Cepat Indonesia

Khusus untuk musim hujan seperti sekarang ini, curah air yang besar mampu menghambat gelombang radio pada frekuensi yang digunakan oleh jaringan seluler.

Tak di musim hujan pun, uap air yang terangkat ke udara saat musim salju, kabut, awan, bahkan hari yang cerah dengan kelembapan tinggi mampu mengurangi penerimaan sinyal jaringan seluler.

Impedansi sinyal ini terjadi karena air menghantarkan listrik, yang memungkinkan uap air di atmosfer memantulkan atau membiaskan gelombang radio. []

SUMBER: SUARA


Artikel Terkait :

About Sodikin

Check Also

Wah, DNA Manusia Bakal Bisa Jadi Flash Disk?

DNA kemudian disimpan di dalam bola silika, dan dipanaskan hingga 160 derajat Fahrenheit selama satu minggu penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *