Unik, Informatif , Inspiratif

Alat Deteksi Kehalalan Makanan dan Minuman, Menjawab Kebutuhan Umat

0

Ironis rasanya di negeri yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, masyarakat Indonesia masih sering terkecoh dengan produk makanan yang tidak halal. Apalagi di era perdagangan bebas seperti sekarang ini, di mana kita tak bisa menahan dengan leluasa serbuan makanan impor tanpa dilabeli halal.

Berawal dari pemikiran itu, Empat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan produk untuk mendeteksi kehalalan makanan dan minuman. Mereka menamakan Ad-Toam pada alat tsb.

BACA JUGA: 5 Manfaat Luar Biasa Bergandengan Tangan bagi Pasangan Halal

Alat berbasis teknologi sensor ethanol ini juga mampu mendeteksi minuman yang mengandung alkohol.

Menurut Reza, metode instrumentasi untuk mendeteksi ethanol antara lain metode HPLC, elektroforesis, GCMS, raman spektrometri, dan GC.

Cara kerja sensor ethanol Ad-Toam yaitu nikel dan platina sebagai bahan penyalur elektron, yang dalam hal ini sebagai kandungan alkohol.

Semakin besar arus yang lewat atau terjadi, kata Reza (salah satu penemu ad-Toam), maka kandungan ethanol dari makanan dan minuman tersebut semakin besar.

BACA JUGA: 7 Manfaat Tidur Bersama Pasangan Halal

“Semua metode ini sudah banyak digunakan, tapi biayanya mahal dan butuh waktu lama untuk proses ujinya. Kalau alat sensor ini bisa langsung terdeteksi,” ujar dia.
Harapannya, alat ini mempermudah mendeteksi kehalalan produk makanan atau minuman bagi pemerintah, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), dan masyarakat.

Jika alat ini telah berhasil dipakai di masyarakat, maka kekhawatiran kehalalan tidak terjadi lagi. Berita yang selalu mengejutkan karena kandungan babi pada produk farmasi, makanan, minuman, tak akan ada lagi. Bisnis akan tumbuh dengan lebih pasti dan sehat. []

SUMBER: LIPUTAN6

Redaktur: Kesit S


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline