Amaiya Zafar
Foto: Amaiya Zafar

Amaiya Zafar, Muslimah yang Berjuang di Arena Tinju

Amaiya Zafar
Foto: Amaiya Zafar

INSPIRADATA. Amaiya Zafar. Gadis Muslimah berusia 16 tahun yang sudah tiga tahun berlatih tinju dan untuk pertama kali, akhirnya dia bisa secara resmi tampil di arena tinju Amerika Serikat.

Dilansir oleh CNNIndonesia, Amaiya Zafar bukan hanya bertarung untuk mengalahkan lawan yang nyata, tapi juga bertarung untuk memperjuangkan sebuah hak, yakni hak mengenakan kerudung di ring tinju.

Zafar menceritakan, awalnya dia didiskualifikasi pada November lalu karena mengenakan kerudung dan dianggap menyalahi aturan tinju Amerika Serikat dalam berbusana di dalam ring. Karena pada saat itu dia mengenakan kerudung, baju lengan panjang, dan celana olahraga.

“Saya pergi ke tempat latihan tinju setiap hari, kenapa saya harus berkompromi aturan berpakaian agama saya?” ucap Amaiya Zafar.

Keluarga Zafar beserta Circle of Disipline (tempat latihan tinju Zafar) dan Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), telah membuat petisi yang ditujukan ke Asosiasi Tinju Amerika Serikat untuk menambahkan sebuah kebijakan pengecualian terhadap aturan agama.

“Pada akhirnya, jika saya dapat mengubah peraturan tinju itu, tapi tidak dapat bertanding, saya tetap menang,” ujar Zafar.

Mimpi Zafar untuk menjalankan karier tinju profesional dengan berkerudung mulai mendapat sambutan positif. Juru bicara Asosiasi Tinju Amerika Serikat, Mike McActee, antusias untuk melepas sekat aturan baku tinju.

McActee mengaku antusias jika olahraga tinju dapat menarik minat berbagai lapisan masyarakat.

McActee pun mengakatakan bahwa mereka sedang dalam proses untuk mengubah peraturan kompetisi domestik, khususnya untuk mengakomodir aturan berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama.

“Aturan-aturan itu nanti akan memberikan kebebasan, sehingga para atlet dapat bertinju tanpa bertentangan dengan keyakinan mereka,” kata McActee.

Perjuangan Zafar dan keluarga semakin menuju kenyataan. Zafar berpeluang melakoni pertarungan resmi perdananya dengan mengenakan kerudung. Jika terealisasi, duel ini akan menjadi sejarah di dunia tinju.

Berdasarkan pernyataan CAIR, Zafar akan menjadi petinju pertama yang diperbolehkan untuk bertarung mengenakan kerudung.

“Dimulai dari satu orang. Tak peduli seberapa kecil diri Anda. Ini hanya membutuhkan satu orang untuk memicu perubahan,” ujar Zafar.

Saat ini Zafar berambisi untuk dapat tampil di Olimpiade Tokyo pada 2020. Ia sudah mengajukan petisi kepada Asosiasi Tinju Internasional untuk menambahkan pengecualiaan dalam aturan tinju terhadap petinju wanita muslim yang mengenakan kerudung. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *