Unik, Informatif , Inspiratif

Amalkan Ini, Insya Allah Khusnul Khatimah

0

Khusnul khatimah atau akhir hidup yang baik merupakan suatu kondisi kematian yang diharapkan oleh semua orang beriman. Pasalnya, tiada balasan yang layak diperoleh bagi seseorang yang mati dalam keadaan khusnul kahtimah, kecuali surga dan keridhaan Allah subhanahu wa ta’ala

Sebuah hadis yang berbicara mengenai khusnul khotimah pada seorang hamba adalah seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدٍ خَيْرًا اسْتَعْمَلَهُ قَالُوا وَكَيْفَ يَسْتَعْمِلُهُ قَالَ يُوَفِّقُهُ لِعَمَلٍ صَالِحٍ قَبْلَ مَوْتِهِ

“Apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang, maka Allah akan membuatnya beramal.” Para sahabat bertanya; “Bagaimana membuatnya beramal?” Beliau menjawab: “Allah akan memberikan taufik padanya untuk melaksanakan amal saleh sebelum dia meninggal.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Dari hadis di atas, kita mendapati bahwa seseorang yang mendapat khusnul khatimah kuncinya adalah mereka yang beriman dan senantiasa mengerjakan amal saleh hingga Allah mengaruniakannya taufik untuk bisa istikamah dalam kebaikannya sampai akhir hayat. 

Karena itu, berikut adalah beberapa amalan yang jika istikamah mengerjakannya dapat mengantarkan seseorang memperoleh kematian khusnul khatimah.

  • Selalu berzikir mengingat Allah setiap waktu, kapan pun dan di mana pun. Orang yang selalu mengingat Allah tidak akan melakukan hal-hal yang dilarang oleh-Nya dan mereka selalu takut akan murka Allah subhanahu wa ta’ala.

 

  • Menunaikan shalat wajib tepat waktu dan tidak pernah meninggalkannya.
  • Menjalankan shalat wajib secara berjamaah di masjid. Menjalankan shalat secara berjamaah dapat melipatgandakan derajat pahala yang akan kita peroleh selain itu shalat berjamaah juga dapat memperkukuh persaudaraan sesama muslim sehingga Allah lebih menyukai hamba-Nya yang menjalankan shalat secara berjamaah daripada shalat sendiri.
  • Membiasakan diri untuk membaca Alquran setiap hari meskipun hanya satu ayat saja karena ayat-ayat Alquran merupakan firman Allah yang mampu memberikan kesejukan hati dan pikiran serta mempertebal keimanan kita. Selain membacanya, alangkah baiknya jika kita belajar isi kandungan Alquran sebagai pedoman hidup di dunia.
  • Menunaikan shalat sunnah tahajjud pada malam, hari yaitu pada sepertiga malam. Shalat sunnah tahajjud merupakan shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah kepada setiap umatnya karena dengan menjalankan shalat sunnah ini dapat mendekatkan kita kepada Allah.
Wallahu a’lam bishawab. []

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline