Amien Rais siap ikut aksi 55
Amien Rais siap ikut aksi 55

Amien Rais: Saya Siap Ikut Aksi Bela Islam 55

INSPIRADATA. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais menyatakan kesiapannya untuk ikut turun ke jalan dalam Aksi Bela Islam 55 atau Aksi 55, yang digelar pada Jumat 5 Mei besok. Demikian disitat dari CNNIndoneisa, Kamis (4/5/2017).

“(Aksi 55) selalu ikut, saya tidak pernah tidak ikut,” ujar Amien di Kantor DPP PAN.

Aksi 55 yang diinisiasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) ditujukan untuk mengawal independensi hakim dalam memutus perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Amien pun berharap, tidak ada sandiwara hukum dalam sidang putusan kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Ahok. Ahok, dalam persidangan kasus penistaan agama dituntut oleh jaksa hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

“Jaksa Penuntut Umum (JPU) mungkin saja disuruh Jaksa Agung (JA). JA mungkin saja disuruh yang di atasnya lagi, saya kira jangan main-main. Kalau main-main, bahaya,” katanya.

Menurut Amien, jika ada permainan dalam sidang putusan Ahok, akan menimbulkan kemarahan di masyarakat. Untuk itu, Amien meminta agar persidangan tidak mencederai rasa keadilan masyarakat.

“Jangan main-main dengan hukum, negara ini sudah lawless country. Kalau yang satu ini bebas saya kira Presiden Jokowi melakukan perlakuan istimewa pada Ahok kalau rakyat marah jangan disalahkan,” ujarnya.

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya menyatakan, Aksi 55 yang rencananya digelar GNPF MUI tidak perlu. Tito khawatir, aksi tersebut mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto tak setuju dengan rencana aksi turun ke jalan pada Jumat (5/5). Aksi yang dipimpin GNPF MUI itu akan dilarang jika dianggap mengganggu masyarakat. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *