Tampilan Virus WannaCry

Anak Muda Ini Sebut Rancangan WannaCry Buruk dan Tidak Canggih

INSPIRADATA. Virus WannaCry yang membuat panik siber global saat ini banyak memunculkan tokoh-tokoh ‘pahlawan’, salah satunya seorang anak muda dari Inggris berusia 22 tahun yang berhasil melumpuhkan virus tersebut. Anak muda yang merupakan seorang ahli informasi teknologi bernama Marcus Hutchin mengatakan bahwa virus WannaCry dirancang dengan buruk dan tidak canggih. Demikian disitat dari Republika, Selasa (16/5/2017).

Hutchin menemukan ‘kill switch’ pada virus tersebut, tujuannya adalah untuk memperlambat efek virus tersebut saat menginfeksi sistem komputer di seluruh dunia. Pria asal Ifracombe, Devon utara itu menghabiskan waktu akhir pekannya untuk melawan virus. Berarti sistem komputer sudah kembali normal.

“Saya jelas bukan pahlawan, saya hanya melakukan sedikit untuk menghentikan botnet,” kata pria yang bekerja di Kryptos Logic yang berbasis di Los Angeles.

Sama halnya dengan Hutchin, irektur Eksekutif Kryptos Logic Salim Neino menyebutkan virus yang berhasil ditangani oleh Hutchin memiliki rancangan yang buruk. Dan Dan juga sejumlah bagian yang berbeda dengan sistem pembayaran yang tidak canggih.

Hutchin melumpuhkan virus tersebut pada Jumat sore sebelum menyebar luas di Amerika Serikat. “Marcus dengan program yang ia jalankan di Kryptos Logic, tidak hanya menyelamatkan AS tapi juga mencegah kerusakan yang lebih parah yang dapat menimpa di seluruh dunia,” kata Neino.

Neino melanjutkan, dalam waktu beberapa saat, Hutchin bisa menemukan ada ‘tombol mati’ pada virus tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi kebanggaan tersendiri untuk Hutchin akan kemampuannya.

Akan tetapi perusahaan tersebut belum bisa mengungkap siapa dalang dibalik tersebarnya virus WannaCry ini. Karena mereka tidak bisa mengidentifikasi Patient Zero untuk mengetahui siapa tersangka dari virus ini. Walaupun pihaknya menyebut bahwa rancangan dari virus ini tidak terlalu canggih. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *