Unik, Informatif , Inspiratif

Anak Perempuan Ini Laporkan Ayahnya karena Tak Tepat Janji Bikin Toilet

0

Bocah perempuan di India melaporkan ayahnya ke polisi karena tak menepati janji bikin toilet di rumah mereka. Kasus ini menggambarkan permasalahan besar rakyat jelata India dalam urusan buang hajat.

Diberitakan Reuters, Rabu (12/12/2018), bocah tujuh tahun bernama E. Hanifa Zaara itu malu untuk buang air besar atau kecil di luar rumah mereka di kota kecil Ambur, Tamil Nadu, lebih dari 2.000 km sebelah utara ibu kota New Delhi.

BACA JUGA: Lakukan Aksi Terpuji, Pesepak Bola Muslim Ini Bersihkan Toilet Masjid

Akhirnya ayahnya, Ishanullah, berjanji akan membangun toilet di rumah mereka jika Hanifa dapat ranking satu di sekolah. Hanifa lantas belajar dengan giat demi toilet di rumah, dan dia mendapat juara satu.

Namun, ayahnya tidak menepati janji. Akhirnya bocah kelas 2 SD itu berjalan ke kantor polisi seorang diri – karena ibunya menolak menemaninya – dan melaporkan ayahnya.

Ishanullah kepada media India Today mengaku tidak marah atas tindakan putrinya. Dia malah mengaku bangga karena putrinya adalah anak yang pintar dan pemberani.

Kasus ini memicu perhatian pemerintah kota yang berjanji akan membantu membangun toilet di rumah Ishanullah.

BACA JUGA: Kisah Negara Kecil di Samudra Hindia Hasilkan Listrik dari Tebu

Toilet menjadi barang mewah bagi kebanyakan masyarakat di India. Menurut laporan UNICEF tahun lalu ada sekitar 564 juta warga India, atau setengah dari populasi, buang hajat di luar rumah -di ladang, hutan, semak-semak, atau kali-. Selain tidak sedap dipandang, praktik ini berisiko besar menyebarkan penyakit.

Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi telah berjanji akan membangun 100 juta toilet dalam waktu lima tahun ke depan. Namun program ini masih belum merata ke seluruh India. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline