Unik, Informatif , Inspiratif

Anak Zaman Sekarang Lebih Lemah dari Anak Zaman Dulu, Benarkah?

0

Generasi alfa atau biasa disebut gen-A adalah generasi selepas X, Y dan Z. Walaupun secara definisi Generasi Y, Z dan Alfa sama-sama dikenal sebagai generasi digital native (lahir dan besar di era internet), namun masing-masing generasi tersebut kenal dengan internet pada tingkat umur yang berbeda.

Nah, akibat dari pengetahuannya terhadap teknologi terlalu cepat, maka generasi Z ini cenderung jarang aktif bergerak. Pengalaman mencari informasi, bermain, dan bersosialisasinya pun hanya lewat gadget.

BACA JUGA: Tipu Daya Setan, Ternyata Lemah

Maka, beberapa studi telah menyebutkan bahwa gadget menyebabkan anak-anak zaman sekarang lebih lemah dibandingkan anak-anak dari generasi-generasi sebelumnya.

Adapun hal yang lebih buruk ialah ketika penggunaan gadget yang terlalu banyak menyebabkan anak-anak memiliki kesulitan dalam melakukan jari tripod grip seperti memegang pensil. Kurangnya kemampuan motoril dalam memotong kertas dengan gunting pun berpengaruh. Yang mana aktivitas ini sangat penting di usia sekolah.

Adapula penelitian yang mengungkapkan bahwa 1 dari 10 anak sekarang tidak mampu menahan berat badannya ketika bergantung di palang dinding. Sementara itu, pada tahun 1998, hanya 1 dari 20 anak yang tidak mampu melakukannya.

BACA JUGA: 5 Fobia Manusia dengan Teknologi

Maka dari itu, ada baiknya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dibatasi. Bahkan menurut rekomendasi dari Academy of American Pediatric penggunaan gadget pada anak-anak tidak seharusnya mengganggu jadwal aktivitas fisik.

Jadi baiknya, seimbangkan antara aktivitas si kecil dengan mengajaknya bermain di luar atau melakukan permainan kreatif yang mengasah motorik halusnya juga. []

SUMBER: PARENTING


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.