Anang hermansyah
Anang hermansyah

Anang Hermansyah Minta Ekonomi Musisi Diperhatikan Selama Ramadan

INSPIRADATA. Anang Hermansyah. Komisi X DPR RI yang sekaligus menjadi musisi di tanah air, mengingatkan pihak terkait agar memerhatikan hak ekonomi para musisi, artis dan pencipta lagu religi yang marak selama bulan Ramadan. Demikian disitat dari Republika, Sabtu (6/5/2017).

Anggota Fraksi PAN DPR ini mengemukakan, tak genap satu bulan lagi, pelaksanaan ibadah Ramadhan akan dilaksanakan. Setiap momentum Ramadhan, keberadaan lagu religi marak diputar dan ditampikan di berbagai tempat.

“Fenomena menjelang Ramadhan yang ‘booming’ lagu religi agar LMK dan LMKM memerhatikan hak ekonomi para musisi, artis dan pencipta lagi terkait hak pertunjukan selama Ramadhan,” kata Anang Hermansyah.

Oleh karena itu, Anang mengingatkan agar Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) dan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) memperhatikan hak pertunjukan (performing right) yang dimiliki oleh artis, musisi dan pelaku karya cipta terkait dengan lagu-lagu religi.

“Saya mengingatkan LMK dan LMKN untuk perhatikan hak ekonomi yang dimiliki para musisi, artis dan pencipta lagu atas hak pertunjukan lagu-lagu religi selama bulan Ramadhan dan hari raya yang memang dipastikan akan meningkat,” ujar Anang.

Pada pemutaran dan penayangan lagu-lagu religi tersebut ada hak ekonomi yang dimiliki para musisi, artis dan pengarang lagu.

“Di situlah peran LMK dan LMKN untuk menegakkan UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta,” tutur Wakil Ketua Umum DPP Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) ini.

Musisi asal Jember ini juga mengingatkan pula mengenai tren meningkatnya pembajakan lagu religi di bulan Ramadhan. Ia mengingatkan aparat penegak hukum agar memberi perhatian khusus atas peningkatan pembajakan khususnya terhadap lagu-lagu religi di bulan Ramadhan. Aksi pembajakan agar dapat ditekan.

“Ramadhan juga dimanfaatkan oleh pembajak untuk membajak lagu-lagu dan karya musik religi. Ini sungguh miris. Makanya, saya ingatkan dari sekarang agar aparat kepolisian memberi perhatian atas praktik pembajakan khususnya selama ramadhan,” kata Anang. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *