Foto: bobotoh.id

Anda Bobotoh? Ketahui 5 Fakta tentang Persib Ini

INSPIRADATA. Persib Bandung adalah salah satu klub besar di Indonesia. Kesebelasan urang Sunda ini memiliki pendukung bernama Bobotoh. Persib sendiri sekarang tahun ini menginjak usia yang ke-83. Usia yang tidak muda lagi dengan segudang prestasi yang pernah diraih.

Persib Bandung sudah bukan milik dari orang Bandung saja, karena pendukung Persib yang sangat banyak, sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke. Masih ada beberapa fakta menarik lainnya, seperti dilansir oleh Ahlikesehatan.web.id terkait Persib Bandung Yaitu:

Fakta 1 : Viking Persib Club, Bonekmania, The Jakmania, dan Aremania merupakan empat kelompok suporter paling fanatik dan loyal di Indonesia. Namun fanatisme suporter Indonesia lebih mengarah pada bentuk kekerasan.

Fakta 2 : Pertandingan Persib vs Persija dianggap sebagai El-Clasico Indonesia. Padahal sebenarnya tidak ada alasan sama sekali berdasarkan sejarah. Faktanya, klub Persebaya-lah yang menjadi klub tandingan Persib di setiap kompetisi dari sejak puluhan tahun lalu. Pertandingan Persib vs Persebaya lebih tepat dianggap sebagai El-Clasico Indonesia.

Fakta 3 : Persib menjadi salah satu klub Indonesia yang setiap kali bermain selalu menjadi Trending Topic di Twitter. Biasanya Trending Topic Persib dibantu oleh akun-akun nasional, iklan, dan akun Bobotoh sendiri. Bahkan tagar #‎PersibDay selalu menjadi Trending Topic walau Persib bermain tanpa disiarkan di televisi.

Fakta 4 : Persib merupakan satu-satunya klub di Indonesia yang bisa bersaing dengan kepopuleran klub-klub elit Eropa di internet. Terbukti kata kunci Persib adalah yang paling banyak dicari di google selama beberapa tahun terakhir. Mengalahkan popularitas Manchester United. Persib juga termasuk klub dengan FanPage Facebook terbesar di Indonesia dengan likers mencapai 6 juta yang mengalahkan jumlah FansPage Inter Milan. Akun Twitter @Persib juga mempunyai follower terbanyak dibandingkan klub-klub yang lain di Indonesia yaitu mencapai 1,2 juta followers.

Fakta 5 : Di samping populer, Persib juga menjadi klub yang memelopori club mandiri atau terbebas dari dana pemerintah. Bahkan fakta membuktikan bahwa Persib adalah klub nomor 1 yang paling diburu oleh sponsor mengingat jumlah Bobotoh yangg begitu besar dan bisa menjadi pemasukan inti sebuah perusahaan. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *