Unik, Informatif , Inspiratif

Anda Ingin Berhenti Merokok? Coba Tips Ini (2-Habis)

0

 

Oleh: Herman Apriadi

Keempat, jangan mudah terpengaruh kiri-kanan. Jika ada yang bilang semisal, “Banci aja merokok, masa Lu enggak?.”

Anda hanya perlu menjawab dalam hati seperti ini.

“Iya, cuma banci yang nggak bisa berhenti merokok. Tekadnya feminim.”

Kelima, nggak usah diidupin. Ini tips dari temannya teman saya yang disampaikan oleh teman saya. Tapi saya pernah nyoba. Efektif juga. Seolah-olah merokok tapi tidak ada asapnya.

Saran saya jangan lakukan tips kelima ini di tempat ramai, bisa-bisa Anda disangka gila. Tapi beneran! Ini efektif. Rasa ingin merokok terbayar walau sangat sedikit. Sugestikan saja rokok tersebut menyala.

Keenam, usahakan lupa dengan rokok. Tiap orang beda-beda, ada yang semakin sibuk semakin lupa merokok. Kalau saya kebalik! Semakin sibuk semakin harus merokok. Pokoknya cari cara agar kita bisa lupa dengan benda beracun itu.

Alternatif lain yang saya lakukan adalah dengan zikir. Karena dengan zikir hati jadi tentram. Iya, kan? Saya lihat di Alqur’an Surah Ar-Ra’d : 28. Nah waktu itu saya berpikir seerti ini, “Masa’ zikir kalah sama rokok? Tidak beriman sekali aku ini.”

Jadi saya dzikir. Alhasil, benarlah rokok lebih kuat dari dzikir. Ini jadi tamparan bagi saya. Kok bisa? Apa mungkin Alqur’an salah? Tidak mungkin! Pasti saya berdzikir tidak dari hati. Eh, ternyata iya.

Ketujuh, anggap saat ini bulan Ramadhan. Mau separah apapun seorang perokok, jika ia muslim, ia mampu menahan diri dari rokok selama kurang lebih 14 jam di bulan Ramadhan. Anggap saja Anda tengah berada di bulan Ramadhan.

Banyak orang yang berhasil berhenti merokok di bulan Ramadhan, tapi jangan tunggu Ramadhan. Masih lama soalnya.

Kedelapan, motivasi paling mumpuni. Khusus untuk yang masih sendiri. Salah satu syarat agar disukai wanita adalah tidak merokok. Saya pernah dengar pernyataan seorang wanita kira-kira begini, “Seberimannya seorang lelaki, imannya tidak bisa dikatakan baik jika dia seorang perokok. Karena seorang yang beriman tidak akan merusak badannya.”

Plaaak …, rasanya ketampar banget!

Memang kita semua tidak bisa dengan mudah mengaku, “Aku ini beriman.” tapi paling tidak jangan diumumkan kalau kita ini imannya kurang. Itu aib. Allah jaga kok kita buka.

Fakta

Orang yang kaya plus ganteng bisa ditolak oleh wanita lantaran dia merokok. Karena si wanita, apalagi yang cerdas, ia memandang jauh ke depan, apalagi wanita yang hapal peringatan yang tertera di kemasan rokok versi dulu. Yang itu,

“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, IMPOTENSI, gangguan kehamilan dan janin.”

Memang tidak semua perokok itu impoten. Tapi impoten dapat disebabkan oleh rokok. Ini bahaya!!! B A H A Y A, itu yang ada dibenak mereka.

Walaupun ada wanita yang menerima pria merokok, tapi saya berani bertaruh! Wanita itu lebih suka kalau prianya tidak merokok.

Untuk yang sudah beristeri! Menyenangkan isteri itu pahala. Berhenti merokok juga pahala. Jadi double pahalanya.

Tips terakhir, berhentinya mendadak dan tahan sekuat-kuatnya. Tidak perlu saya jelaskan, lakukan saja. Dan rasakan. Adik saya beberapa tahun merokok, berhasil berhenti. Saya belasan tahun merokok, berhasil berhenti. Bapak saya puluhan tahun merokok, berhasil berhenti. Mereka-mereka yang lama merokok, berhasil berhenti.

Apakah kami lebih beriman daripada Anda? Tidaaak! Jawabannya tanya hati. Selama apapun Anda sudah jadi pecandu rokok. Pasti bisa berhenti. InsyaAllah. Eh, ngomong-ngomong InsyaAllah. InsyaAllah itu apa? InsyaAllah itu jika Allah menghendaki, kan?

Nah, badan kita ini adalah titipan-Nya. Menjaganya adalah perintah-Nya. Artinya kewajiban kita. Merokok justeru merusaknya. Jadi jelas! Berhenti merokok itu adalah perkara yang dikehendaki Allah.

Jadi berhenti merokok itu bukan insyaAllah bisa. Tapi pasti bisa. Jika tidak bisa, maka kitalah penyebabnya.

Saya kira sekian. Segala apapun kebaikan dari tulisan ini, itu karena Allah. Dan keburukan-kekurangan. Jelas dari saya. Maaf lahir batin. []

Palembang, 09 Rabiul Akhir 1437.


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.