Foto: Pinterest

Anda Sering “Ngaret”? Inilah Penyebabnya

Foto: Pinterest

INSPIRADATA. Dalam rutinitas sehari-hari, contohnya pekerjaan, sekolah dan lainnya. Pasti kita pernah merasakan yang namanya terlambat atau bahasa umumnya “jam karet”. Tentu kebiasaan ini membuat citra kita menjadi negatif dan tidak profesional. Demikian disitat dari Kompas.

Lantas, apa yang membuat orang hobi telat dalam melakukan aktivitasnya? sebenarnya ada alasan psikologi yang dapat menjelaskan kenapa kebiasaan ini terus melekat pada diri seseorang.

1. Multitasking

Seseorang yang memiliki banyak aktivitas tentunya lebih memiliki kesulitan dalam mengatur waktunya dibanding mereka yang fokus pada satu aktivitas.

Hal ini sebenarnya bisa anda siasati dengan memasang pengingat atau alarm sebelum melakukan aktivitas yang lain dari aktivitas sebelumnya.

2. Gangguan persepsi waktu

Gagal persepsi dalam menentukan waktu untuk kegiatan, orang yang selalu terlambat biasanya memiliki persepsi tersendiri terkait waktu. Misalnya anda sedang di rumah dan memainkan gadget, seharusnya pada saat itu anda sudah harus pergi bekerja, tapi anda mengira bahwa waktu memainkan gadget hanya berlangsung beberapa menit saja, padahal sebenarnya sudah sangat lama.

3. Kepribadian tipe B

Orang yang punya hobi terlambat biasanya cenderung meremehkan waktu. Pada umumnya mereka yang berkepribadian tipe B yang cenderung santai memang sering “ngaret”.

4. Kurang empati

Memang tak ada yang salah dengan sikap santai dan tak suka terburu-buru, tetapi penting juga untuk memperhatikan perasaan orang lain yang menunggu. Cobalah menambahkan beberapa menit dalam estimasi waktu Anda. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *