Anda Suka Bergurau? Perhatikan Etika Ini (1)

tertawaINSPIRADATA. Sering kali kita mengalami kepenatan ditengah-tengah rutinitas. Baik dalam pekerjaan, belajar, ataupun aktivitas lainnya. Lantas, bersenda gurau atau bercanda seringkali jadi selingan untuk melepas kepenatan.

Namun, dalam bercanda sendiri memiliki etika-etika yang harus diperhatikan. Agar tidak ada efek negatif yang timbul. Berikut ini, beberapa etika yang harus diperhatikan dalam bergurau yang harus Anda perhatikan:

1. Meluruskan tujuan yaitu bercanda untuk menghilangkan kepenatan, rasa bosan dan lesu, serta menyegarkan suasana dengan canda yang dibolehkan. Sehingga kita bisa memperoleh semangat baru dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat.

2. Jangan melewati batas. Sebagian orang sering berlebihan dalam bercanda hingga melanggar norma-norma. Terlalu banyak bercanda akan menjatuhkan wibawa seseorang.

3. Jangan bercanda dengan orang yang tidak suka bercanda. Terkadang ada orang yang bercanda dengan seseorang yang tidak suka bercanda, atau tidak suka dengan canda orang tersebut. Hal itu akan menimbulkan akibat buruk. Oleh karena itu, lihatlah dengan siapa kita hendak bercanda.

4. Jangan bercanda dalam perkara-perkara yang serius. Seperti dalam majelis penguasa, majelis ilmu, majelis hakim (pengadilan-ed), ketika memberikan persaksian dan lain sebagainya.

Sumber: https://muslimah.or.id/


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *