Buah Kurma

Anda Suka Memakan Buah Kurma? Ternyata Ini Manfaatnya

INSPIRADATA. Tak terasa bulan Ramadhan tinggal hitungan hari, bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Pasalnya, pada Bulan Ramadhan ini, keberkahan dari Allah SWT sangatlah berlimpah. Seiring dengan masuknya bulan Puasa, kita harus mempersiapkan diri, dari mulai niat, fisik dan jiwa kita.

Biasanya, pada bulan Ramadhan, berbuka adalah hal yang paling dinanti. Sambil menunggu berbuka juga biasanya kita mencari jajanan atau takjil yang cocok untuk dijadikan menu berbuka. Tapi, ketika berbuka kita dianjurkan memakan yang manis-manis, contohnya yang sering muncul pada bulan Ramadhan adalah buah kurma.

Nah, buah kurma ini selain menjadi santapan berbuka. Kurma juga ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Seperti dikutip dari Idntimes, Kamis (18/5/2017), berikut beberapa khasiat dari buah kurma.

1. Mencegah penuaan dini

Buah kurma mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas, yang merupakan penyebab dari penuaan dini. Kandungan antioksidan tersebut dapat memproteksi kulit dari dalam maupun dari luar, sehingga apabila kamu mengkonsumsi secara rutin, kulit akan terasa lebih kencang dan sehat.

2. Memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak

Kurma yang kita konsumsi ternyata memiliki kandungan asam pantotenat yang mampu memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak, yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan asam pantotenat dalam buah kurma bekerja secara langsung merangsang pembentukan sel kulit yang baru untuk menggantikan sel kulit yang rusak.

3. Mencegah iritasi dan infeksi di kulit

Kulit kita sangat sensitif terhadap iritasi dan infeksi, maka dari itu untuk mencegahnya kita bisa menggunakan buah kurma yang dihaluskan bersama dengan plain yogurt yang dingin dalam blender dan diaplikasikan pada kulit dan wajah kita. Kandungan vitamin B6 dalam kurma dapat memberikan nutrisi pada kulitmu dan mencegah infeksi serta iritasi pada kulit

4. Mengatasi berbagai masalah rambut

Rahasia yang tidak banyak diketahui orang adalah khasita buah kurma untuk mengatasi masalah seperti rambut kering, rambut bercabang, dan kerontokan. Kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat tadi mempunyai manfaat yang juga baik untuk kesehatan rambutmu. Selain itu kandungan vitamin lain dan mineral dalam buah kurma mampu memenuhi supply nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Hasilnya rambut jadi lebih kuat dan sehat.

5. Mencegah dermatitis

Dermatitis atau penyakit kulit ternyata bisa juga diobati dan dicegah dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin. Kandungan vitamin B6 dan protein dalam kurma menjadi obat alami untuk mencegah dermatitis.

6. Menghilangkan kulit yang kusam

Kulit kadang terlihat jadi kusam dan kurang bercahaya karena penumpukan jaringan sel kulit yang mati. Untuk mengatasi hal tersebut konsumsi buah kurma, karena buah kurma mengandung vitamin A yang dapat mengangkat sel kulit yang mati dan menumpuk.Selain itu juga asam pantotenat yang bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas yang merusak kulitmu.

7. Membuat kulit halus dan kenyal

Buah kurma bisa kamu jadikan sebagai masker wajah dan scrub untuk membuat kulit kita menjadi halus, kenyal, dan lembab. Vitamin C yang terdapat dalam buah kurma dapat merangsang pembentukan kolagen yang baik bagi kulit. Cara membuat scrub tersebut ialah dengan menghaluskan buah kurma bersama buah apricot dan cranberries dengan blender.

Tambahkan oatmeal dan aduk hingga rata, dan siap kamu gunakan untuk digosok kebagian kulit wajah secar perlahan. Terakhir biarkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk hingga benar – benar kering. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *