Unik, Informatif , Inspiratif

Aneh, di Zaman Ini Tusuk Gigi Malah Lebih Berharga dari Barang Mulia

0

Pada era Mesopotamia, tahun 289 SM tusuk gigi menjadi barang berharga lagi mulia.

Kisah tersebut berawal dari kisah seorang tiran bernama Agatokles yang dibunuh dengan racun yang ditempelkan pada tusuk gigi miliknya.

BACA JUGA: Di Era Ini, Tusuk Gigi Jadi Barang Mulia

Dari kisah inilah kemudian diketahui kalau tusuk gigi merupakan benda kesayangan oleh para bangsawan Romawi pada zamannya, di samping memang dibuat dari batu mulia.

Dalam buku Asal-Usul Benda-Benda di Sekitar Kita Tempoe Doeloe yang ditulis oleh Zaenuddin HM, juga disebutkan kalau tusuk gigi sendiri memang dikenal luas oleh masyarakat Mesopotamia.

Pada awalnya benda yang bermanfaat untuk mengais kotoran di sela gigi tersebut dibuat dari bahan logam dan juga dianggap sebagai perhiasaan oleh para Bangsawan pada abad ke 17.

Hal ini dilihat dari adanya tusuk gigi yang terbuat dari bahan Batu mulia yang tentunya bernilai mahal. Dan benda inilah yang kemudian menjadi rujukan status sosial dan kekayaan.

BACA JUGA: Inilah Fungsi Pangkal Tusuk Gigi yang Jarang Diketahui

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman dan waktu akhirnya popularitas tusuk gigi yang sebelumnya digunakan sebagai barang yang berharga pun mulai luntur.

Barang ini pun sudah tidak dianggap lagi sebagai barang yang berharga apalagi perhiasan. Dan sekarang benda ini pun dibuat dari bahan yang terbilang sangat murah serta diproduksi massal. []

SUMBER: ASEK US


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.