, Anjuran untuk Mencuci Tangan setelah Bangun Tidur, Kenapa?
Unik, Informatif , Inspiratif

Anjuran untuk Mencuci Tangan setelah Bangun Tidur, Kenapa?

0

Islam merupakan agama yang paling sempurna, salah satunya adalah dalam segi kebersihan. Bahkan saat bangun tidur pun, kita dianjurkan untuk mencuci tangan kita. Kenapa?

Sahih al-Bukhori: 157

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَجْعَلْ فِي أَنْفِهِ ثُمَّ لِيَنْثُرْ, وَمَنْ اسْتَجْمَرَ فَلْيُوتِرْ، وَإِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ فَلْيَغْسِلْ يَدَهُ قَبْلَ أَنْ يُدْخِلَهَا فِي وَضُوئِهِ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لاَ يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ.

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Jika salah seorang dari kalian berwudhu hendaklah memasukkan air ke dalam hidung, barangsiapa beristinja’ dengan batu hendaklah dengan bilangan ganjil. Dan jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, hendaklah membasuh kedua telapak tangannya sebelum memasukkannya dalam bejana air wudhunya, sebab salah seorang dari kalian tidak tahu di mana tangannya bermalam.

Anjuran memasukkan air ke dalam hidung saat berwudhu, anjuran bersuci setelah buang hajat dengan bilangan ganjil dan Cucilah tanganmu sesudah bangun tidur, karena sesungguhnya kamu tidak tahu dimana tanganmu bermalam. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.