, Apa Bedanya Expired dengan Best Before?
Unik, Informatif , Inspiratif

Apa Bedanya Expired dengan Best Before?

0

Beberapa produk yang kita konsumsi sehari-hari umumnya mempunyai keterangan tanggal kedaluwarsa. Namun, uniknya bukan hanya sebutan ‘Expired date’ untuk menerangkan ketidaklayakan suatu produk, pun begitu dengan ‘best before’. Apa bedanya?

BACA JUGA: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Makanan-makanan Ini Tahan Kedaluwarsa

Ya, banyak yang mengira kalau kedua tanggal tersebut sama. Ternyata ada perbedaan antara tanggal kedaluwarsa dengan best before.

Ini bedanya

Kedaluwarsa atau expired date merupakan batas waktu maksimal keamanan produk untuk digunakan atau dikonsumsi. Sedangkan best before atau tanggal sebaiknya digunakan sebelum ini menunjukkan batas waktu terjaganya kualitas produk.

BACA JUGA: Cara Cek Apakah Bantal Kita Sudah Kedaluwarsa

Tanggal best before tidak ada hubungannya dengan keamanan penggunaan produk, melainkan menunjukkan kalau setelah tanggal tersebut maka produk akan berkurang kualitasnya. Misalnya rasa makanan akan jadi berbeda atau aroma produk tidak sekuat semula.

Dengan demikian, kita masih bisa menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk meski sudah melewati tanggal best before. Akan tetapi, kita tidak boleh melakukannya kalau sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Pada makanan segar, tanggal best before biasanya tercantum selama 90 hari setelah waktu pengemasan.

BACA JUGA: Apakah Oli Bisa Kedaluwarsa Seperti Makanan?

Tanggal best before tidak berlaku ketika kemasan sudah dibuka. Karena membuka kemasan makanan tentunya akan mempengaruhi kualitas dan kesegaran produk. Kontaminasi bakteri dari udara juga akan mempercepat masa penurunan kualitas produk. []

SUMBER: TEMPO


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.