Unik, Informatif , Inspiratif

Apa Itu Doa yang Jami?

0

Tak ada yang dapat mengubah apapun, selain doa. Begitulah kita sebagai muslim menguatkan diri secara mental. Begtu kuatnya doa, sehingga bisa menguatkan jiwa yang rapuh, menghilangkan kesedihan dengan harapan.

Doa juga pertanda tertanamnya keimanan pada seorang muslim. Tentang doa , ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, pernah perkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa yang jaami’ (singkat namun sarat makna), dan beliau meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud, dengan sanad jayyid) [HR. Abu Daud, no. 1482. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih, perawinya tsiqqah]

BACA JUGA: Hikmah di Balik Perintah Saling Mendoakan Saat Bersin

Doa yang jaami’ adalah doa yang berisi perkara penting, doanya singkat, namun sarat makna.

Disunnahkan berdoa dengan kalimat yang singkat namun mengandung makna kebaikan yang banyak.

Allah memberikan keistimewaan pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jawami’ al-kalim, yaitu dengan kalimat yang sedikit bisa mengandung berbagai hukum dan ilmu.

Sebaik-baik kalimat itu yang sedikit namun kandungannya begitu banyak, maka dianjurkan untuk mencapai tujuan dengan cara yang mudah dan lafazh yang gampang.

BACA JUGA: 4 Hal Ini Sebabkan Doa Tertolak

Begitu hebatnya doa, karena Allah selalu mengabulkan doa kita. Yang perlu kita ingat, bila kita berdoa dan ‘tidak terkabul doa kita’, bukan lah demikian yang terjadi. Allah telah menjanjikan bahwa doa selalu dikabulkan. Hanya Doa itu mungkin sedang ditunda, atau ditukar.

SUMBER: RUMAYSHO


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline