politik negara
Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Apa itu US Customs and Border Protection yang Menolak Panglima TNI?

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak masuk ke Washington DC oleh Amerika Serikat melalui US Customs and Border Protection. Padahal, Gatot ke sana untuk memenuhi undangan petinggi angkatan bersenjata di AS.

Apa itu lembaga US Customs and Border Protection hingga “berani” menolak masuk seseorang dengan jabatan tertinggi di TNI itu?

US Customs and Border Protection atau CBP ialah salah satu lembaga penegak hukum di Amerika Serikat yang memiliki tugas untuk menjaga perbatasan. CBP berbeda dengan imigrasi.

CBP mengamankan perbatasan. Di antara misi terbesar mereka, menjaga AS dari masuknya individu atau kelompok berbahaya sekelas ‘teroris’. CBP ini juga menghalau senjata berbahaya masuk negara pimpinan Donald Trump itu, termasuk mengawasi perdagangan impor dan ekspor.

Menurut lansiran situs CBP, sebanyak 60.000 orang bekerja di US Customs and Border Protection. Mereka disebar di bandara-bandara dan objektivitas se-Amerika Serikat.

“CBP bertanggung jawab memberlakukan ratusan undang-undang dan peraturan di AS,” tulis dalam profil CBP.

Dilansir Suara.com, CBP setiap hari mengawasi hampir satu juta pengunjung dan lebih dari 67.000 kontainer kargo, menangkap lebih dari 1.100 individu yang dianggap berbahaya dan menyita hampir 6 ton obat terlarang.

“Mengapa CBP ada? Untuk melindungi perbatasan Amerika, sehingga melindungi masyarakat dari orang-orang dan bahan berbahaya sambil meningkatkan daya saing ekonomi nasional.”

“Kewaspadaan adalah bagaimana kami memastikan keamanan semua orang Amerika. Kami terus waspada untuk mencegah, mendeteksi dan mencegah ancaman terhadap bangsa kami,” tulis misi CBP. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *