Akhwat melamar duluan
Foto: Akhwat melamar duluan (berita islam)

Apa Pandangan Islam Jika Akhwat Memberi Kode Duluan untuk Menikah?

Akhwat melamar duluan
Foto: Akhwat melamar duluan (berita islam)

INSPIRADATA. Sebagai seorang Muslim cara menyempurnakan agama salah satunya dengan menikah. Namun, bagaimana jika anda seorang akhwat yang memiliki keinginan untuk menikah, tapi tak ada satupun ikhwan yang datang melamar? Apa yang harus anda lakukan? Apa hanya terus saja berdoa kepada Allah SWT tanpa adanya usaha?

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya yang biasanya melakukan lamaran atau yang menyatakan keinginan untuk menikah itu adalah dari pihak ikhwan kepada pihak akhwat. Namun, bagaimana pandangan Islam, jika akhwat yang terlebih dahulu menyatakan keinginan untuk menikah dengan seorang ikhwan?

Dilansir oleh Daily Moslem, ternyata dalam sejarah Islam, terdapat riwayat mengenai akhwat yang menyatakan keinginannya menikah dengan seorang ikhwan. Setidaknya ada 3 cara bagi wanita untuk menyatakannya:

1. Dengan berkata terus terang pada ikhwan yang dimaksud.Berdasarkan hadits HR Bukhari, di zaman Nabi dulu ada seorang wanita yang menawarkan diri kepada Rasulullah untuk dinikahi. Dalam riwayat Imam Malik, wanita tersebut berkata pada Rasulullah, “aku menawarkan diriku kepadamu,” (HR Malik).

2. Akhwat dapat meminta pihak keluarga untuk bertemu dengan ikhwan tersebut dan mengutarakan maksud untuk menikah. SEperti yang dijelaskan dalam hadist Al-Bukhari, “Umar ibnul Khaththab ketika putrinya Hafshah menjanda karena suaminya meninggal, segera mendatangi ‘Utsman bin ‘Affan & Abu Bakar untuk menawarkan putrinya,” (HR. Al-Bukhari).

BACA JUGA:

Keren, Gadis Usia 10 Tahun Ini Jadi Desainer Hijab Termuda di Amerika Serikat

Keren, Hijabers ini Masuk Daftar Orang Berpengaruh di Dunia

3. Bisa melalui teman atau perantara, seperti yang dilakukan Khadijah ketika memiliki keinginan kepada Rasulullah. Seperti yang dijelaskan dalam Sirah Nabawiyah, Khadijah mengungkapkan perasaannya kepada sahabatnya yang bernama Nafisah binti Muniyyah, dan Nafisah pun pergi kepada Rasulullah untuk mengutarakan maksud Khadijah tersebut, dan menganjurkan Rasulullah untuk menikahinya.

Itulah tiga cara yang dapat dilakukan oelh seorang akhwat jika ingin memberi kode atau melamar ikhwan yang dirasa cocok untuk dijadikan suami. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *