tenggorokan serak (foto: bintang toedjoe)

Ini Penyebab Tenggorokan Serak?

Masih musim pancaroba, kerap kali dianggap menjadi penyebab dari tenggorokan tak enak dan atau serak. Namun, di samping itu kita pun sering menyalahkan makanan berminyak dan minuman dingin. Benarkah seperti itu sebabnya Tenggorokan Serak?

Pakar kesehatan di bidang telinga, hidung, dan tenggorokan Rumah Sakit Pondok Indah, Dr. Zainal Abidin, Sp.THT-KL, Ph.D menyebutkan, makanan berminyak dan minuman dingin ternyata belum tentu menyebabkan serak pada tenggorokan. Hal ini bergantung pada kondisi kesehatan setiap orang.

BACA JUGA: 3 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Tenggorokan

Ada yang kerap mengkonsumsi es atau makanan berminyak tetap saja tidak mengalami masalah tenggorokan serak meskipun cukup banyak pula yang akan mengalami masalah kesehatan tersebut setelah mengkonsumsinya.

Hanya saja, saat tenggorokan kita sudah serak, ada baiknya memang kita tidak lagi mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tenggorokan semakin tidak nyaman seperti kacang, gorengan, atau minuman dingin. Namun, jika Anda juga merasa tidak nyaman pada tenggorokan saat mengkonsumsi minuman panas, maka ada baiknya dihindari juga.

Sebenarnya, penyebab dari tenggorokan yang serak dan tidak nyaman adalah infeksi virus. Makanan berminyak atau minuman dingin hanya menambah sensasi tidak nyaman pada tenggorokan tersebut sehingga kita pun akan merasakan kondisi serak.

BACA JUGA : Begini Cara Rasulullah Minum

Untuk mengatasi sensasi serak dan tidak nyaman pada tenggorokan ini, kita bisa memakai bahan alami seperti berkumur dengan air garam atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu. []

Sumber:DOKTERSEHAT


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *