Foto: wallarthd.com

Apa yang Tubuh Anda Rasakan Ketika Berhenti Merokok?

Saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok, akan terjadi perubahan signifikan pada tubuh. Merokok menjadi kebiasaan yang terbukti menimbulkan serangkaian penyakit. Sekali Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tubuh akan mengalami perubahan drastis.

Keuntungan yang anda peroleh saat memutuskan untuk berhenti merokok mungkin akan membuat tercengang. Setelah dua jam tanpa menghisap satu batang rokok, tekanan darah dalam tubuh menjadi normal kembali. Begitu pula dengan detak jantung.

Nikotin terbukti menyebabkan beberapa gejala awal penyakit seperti rasa lapar berlebihan, gelisah, frustasi, insomnia, hingga kehilangan nafsu makan. Berhenti merokok selama dua jam saja, tubuh anda akan mengalami beberapa hal di bawah ini:

1. 20 menit setelah merokok, detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh akan kembali normal.

2. Setelah delapan jam tanpa rokok, karbon monoksida di dalam darah akan kembali netral seiring dengan masuknya oksigen dalam tubuh.

3. Setelah rentang waktu 24 jam, risiko gagal jantung akan berkurang.

4. Bahkan setelah 48 jam, indra perasa dan penciuman anda akan berangsur-angsur membaik. Saraf-saraf yang sempat putus pun akan kembali berkembang.

5. Dalam kurun waktu dua hingga tiga minggu, sirkulasi darah dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Langkah kaki anda akan terasa lebih ringan. Bahkan fungsi dari paru-paru mengalami kenaikan sebesar 30 persen.

6. Setelah satu hingga sembilan bulan, tubuh mendapatkan energinya kembali. Penyakit seperti sinus, batuk, akan berkurang secara drastis.

7. Satu tahun tanpa rokok akan membuat risiko terkena penyakit jantung korener tak akan lagi membayangi hidup anda.

8. Lima tahun berlalu? Kanker mulut, kanker tenggorokan hingga kanker esophagus tak lagi mengancam Anda.

9. Tepat setelah 10 tahun benar-benar hidup tanpa rokok, kanker paru-paru yang menyebabkan kematian tidak akan lagi hinggap di pikiran anda. []

Sumber: Boldsky


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *