manfaat bersyukur
manfaat bersyukur

Apakah Anda Sudah Bersyukur Hari Ini? Ini Nih Manfaatnya!

INSPIRADATA. Apakah anda sudah bersyukur hari ini? Kenapa kita harus bersyukur? Karena bukti kita berterimakasih terhadap apa yang telah Allah SWT berikan.

Dalam Surah Ar Rahman bahwa seluruh nikmat itu datangnya dari Allah SWT dan pentingnya kita bersyukur atas nikmat-nikmat tersebut.

“ Fabiayyi ala irrobikuma tukadziban..” Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Berulang kali kita mengucapkannya. Tapi apakah sudah meresapinya dalam hati?

Dilansir oleh Dream, inilah manfaat bersyukur:

1. Bagus untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Mereka yang bersyukur cenderung lebih memiliki pikiran yang lebih positif dan berperilaku baik. Bersyukur juga menjauhi kita dari stres yang mana merupakan sumber dari berbagai penyakit kronis mematikan.

Pada saat stres tubuh kita akan bereaksi dengan melepas hormon adrenalin dan kortisol yang akan mengakibatkan peningkatan detak jantung dan peningkatan kadar glukosa.

Sehingga jika kondisi ini terus-menerus terjadi akan merusak organ tubuh. Sebaliknya pada saat kita bersyukur tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang memiliki dampak positif bagi kesehatan.

2. Meningkatkan Aura

Dalam Journal of Personality and Social Psychology, bersyukur bisa mencerahkan tampilan, serta meningkatkan rasa dan pikiran yang lebih positif.

3. Menyehatkan Jantung

Energi positif berdampak baik untuk detak jantung Anda. Ada yang bilang, bersyukur bisa jadi pengobatan untuk hipertensi dan gagal jantung.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Pikiran yang positif bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menjaga Diri dari Emosi Negatif

Bersyukur dapat membantu meningkatkan perasaan yang positif dan menurunkan perasaan stres.

Itulah 5 manfaat yang bisa dirasakan apabila kita selalu bersyukur. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *