bayi tabung
Foto: Womantalk

Apakah Bayi Tabung Bertentangan dengan Agama?

Bayi tabung merupakan penemuan baru oleh akal manusia di bidang kedokteran, yang sejak lama diusahakan para pakar kandungan untuk menolong para wanita yang sulit hamil.

Metode yang dipakai ialah dengan cara mengambil ovum dari wanita dan sperma dari lelaki, yang kemudian ditampung di dalam sebuah tabung dalam jangka waktu tertentu, dengan derajat panas tertentu seperti dalam rahim ibu.

BACA JUGA: Penyakit yang Dialami Bayi Setelah Liburan

Ini melalui beberapa proses perkembangan, kemudian setelah saatnya tiba, benih itu dimasukkan ke dalam rahim ibu untuk perkembangan berikutnya, sampai saatnya calon bayi itu lahir.

Dalam hal ini, para dokter itu tidak melakukan atau menciptakan sesuatu apa pun. Mereka hanya memindahkan ovum dan sperma itu saja, bukan menciptakannya, jadi proses bayi tabung itu tidak bertentangan dengan kehendak Allah SWT yang tentu saja tidak bertentangan dengan syariat-Nya.

BACA JUGA: Kejaiban ASI untuk Bayi

Tetapi kalau sperma dan ovum itu bukan berasal dari suami dan istri yang sah, soal tersebut sudah beralih pada pembicaraan mengenai keturunan. Hukumnya haram, sama seperti anak zina. []


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *