Unik, Informatif , Inspiratif

Apakah Gusi Berdarah Salah Satu Penyebab Batalnya Puasa?

0

 

Dalam tahun ini, semua umat islam menginjak bulan suci ramadhan. Semua umat muslim akan berpuasa selama sebulan penuh. Dari matahari terbit hingga terbenamnya matahari semua menahan lapar dan dahaga.

Akan tetapi, jika tengah berpuasa mengalami halangan tertentu apakah akan membatalkan puasa tersebut? Contoh seperti gusi berdarah tengah berpuasa apakah akan membatalkan puasa seseorang? Yuk, simak penjelasannya!

Gusi berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang sering dialami oleh banyak orang.

Biasanya gusi berdarah terjadi ketika Anda menyikat gigi terlalu keras atau karena plak gigi yang tidak dibersihkan dengan baik.

Lantas, bagaimana jika gusi berdarah ini terjadi saat kita sedang berpuasa? Batalkah puasanya? Mengingat, saat mengalami gusi berdarah, kita sering tidak sengaja menelan liur yang sudah bercampur dengan darah.

Keluarnya darah dari gusi tidaklah membatalkan puasa sepanjang darah tersebut tidak ditelan. Karena menelan darah dapat membatalkan puasa sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Zainudin al Malibari di dalam kitab Fathul Muin.

“Dan dikecualikan dengan benda yang suci adalah benda yang najis semisal darah gusi gigi, maka darah gusi gigi tersebut dapat membatalkan puasa sebab menelannya,” tulis Imam Zainuddin al Malibari dalam kitab tersebut.

Jadi, bagi orang yang berpuasa dan keluar darah di gusinya, hendaknya meludahkan darah tersebut.

Sudah paham penjelasannya? Semoga bermanfaat. Amiin insya Allah. []

SUMBER: suara.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.