Unik, Informatif , Inspiratif

Apakah Kodok dan Katak Itu Binatang yang Sama?

0

Apakah Anda tahu bahwa hewan Kodok dan Katak itu adalah dua hewan yang berbeda?

Ilmuwan mengkalasifikasikan dua hewan ampibi tersebut berbeda, meskipun secara morfologi sepintas Kodok dan Katak mirip.

Dilansir Livescience, inilah beberapa perbedaan Katak dan Kodok:

Perbedaan pertama terlihat pda kulit Katak relatif halus dan terasa lembab, sedangkan kulit Kodok terdapat banyak jendulan dan terasa kering.

Kedua, Katak biasanya disebut frog dalam bahasa Inggris dan termasuk ke dalam familia Ranidae. Ada sekitar 400 spesies dalam famili ini. Sedangkan kodok dalam bahasa Inggris disebut toad dan termasuk ke dalam famili Bufonidae (ada sekitar 300 spesies).

Jika diamati Katak memiliki mata yang menonjol, bulat dan berada pada posisi yang tinggi. Sedangkan mata kodok berada pada posisi yang rendah, serta tidak menonjol layaknya Katak.

Dilihat dari habitatnya, Katak hidup di lingkungan yang dekat dengan air, sementara kodok tidak membutuhkan lingkungan hidup yang dekat dengan air.

Kaki belakang Katak yang kuat membuatnya mampu untuk melompat jauh dan tinggi, sementara lommpatan Kodok tidak seperti lompatan katak. Kodok melompat tidak terlalu jauh dan tidak tinggi.

Itulah perbedaan kedua binatang yang dianggap sama namun ternyata keduanya adalah dua binatang yang berbeda. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.