Unik, Informatif , Inspiratif

Apakah Wanita Boleh Shalat Berjamaah di Masjid?

0

Tempat terbaik untuk wanita ialah rumah, sekalipun itu untuk ibadah seperti shalat. Namun apakah wanita muslimah boleh shalat berjamaah di masjid?

Shalat berjamaah di masjid diutamakan dan sangat dianjurkan untuk laki-laki. Adapun untuk wanita, diperbolehkan dengan syarat harus menghindari segala sesuatu yang dapat memancing syahwat laki-laki dan menimbulkan fitnah, baik itu berupa perhiasan maupun parfum.

BACA JUGA: Mengisi Shaf Pertama Saat Shalat? Ini Keutamaannya

Diriwayatkan dari Abu Umar, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah kalian melarang kaum wanita pergi ke masjid, akan tetapi rumah adalah lebih baik bagi mereka.” (HR. Ahmad)

Juga hadits dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda, “Janganlah kalian melarang hamba-hamba Allah (dari kaum wanita) untuk melangkah ke masjid-masjid-Nya, dan hendaklah mereka pergi dengan tidak memakai wangi-wangian.” (HR. Abu Dawud)

Selain itu, Rasululllah Shalallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, “Setiap wanita muslimah dari golongan mana saja yang terkena atau memakai wewangian, maka hendaklah ia tidak mengerjakan shalat Isya bersama kami.” (HR. Muslim)

BACA JUGA: Ini Hukumnya Menghayal Saat Shalat

Meski begitu, bagi wanita muslimah shalat di rumah lebih afdhal, sebagaimana yang diceritakan dalam sebuah hadits riwayat dari Ummu Humaid Al-Sa’idi.

Ia mendatangi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku lebih suka shalat bersamamu. Beliau menjawab: Aku mengetahui akan hal itu. Akan tetapi, shalatmu di kamar lebih baik daripada shalatmu di masjid kaummu dan shalat di masjid kaummu adalah lebih baik daripada shalatmu di masjid jami’.” (HR. Ahmad). []

Sumber: Fiqih Wanita Edisi Lengkap, Oleh: Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah, Pustaka Kautsar


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline